in ,

10 Cara Memperbaiki Koneksi Wifi Tidak ada Akses Internet

Ini seringkali menjadi masalah yang membingungkan ketika perangkat Anda terhubung ke WiFi, tetapi Internet tidak berfungsi. Sayangnya, tidak ada jawaban pasti untuk permasalahan tidak ada internet pada masalah WiFi yang terhubung. Ini bisa menjadi masalah dengan pengaturan sistem operasi atau router Anda. Selama ini, kami sering mengalami ‘masalah Internet Tanpa Koneksi WiFi‘ ini beberapa kali dan akhirnya saya menemukan cara untuk membantu Anda memperbaiki masalah ini.

Catatan:  Dalam artikel ini, saya hanya berfokus pada perbaikian masalah internet OS Desktop.

Memperbaiki Koneksi Wifi Tidak ada Akses Internet

Di mana mencarinya?

Biasanya ada dua tempat untuk dilihat jika Anda menghadapi masalah jaringan

  1. Router
  2. Perangkat mengalami masalah

Jika Internet tidak berfungsi pada semua perangkat yang terhubung ke jaringan, maka kemungkinan ada  masalah dengan router  / modem Anda.  Anda juga dapat melihat kabel ADSL untuk melihat apakah kabelnya putus atau tidak tersambung.

Jika Internet tidak berfungsi hanya pada satu perangkat tetapi bekerja dengan baik pada perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Kemudian, ada kemungkinan ada masalah dengan  adaptor WiFi perangkat  atau  perangkat tertentu  mengalami kesulitan berkomunikasi dengan router. Untuk membantu memperbaiki masalah ‘tidak ada akses internet’ Anda, saya akan membagikan 10 cara memperbaikinya. Jadi, mari kita mulai.

Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet

1. Mulai Ulang Perangkat

Ya, saya tahu kedengarannya dan kemungkinan sebagian besar dari Anda sudah melakukan ini beberapa kali, tetapi jika Anda belum melakukannya Anda harus melakukannya.

Reboot lama yang baik adalah perbaikan untuk banyak masalah perangkat lunak dan masalah jaringan. Matikan router dan modem (jika Anda memilikinya) dan tunggu selama 30 detik sebelum memulai kembali. Selain itu, Anda juga harus me-restart PC Anda untuk memastikan semuanya bersih. Setelah semua perangkat diatur ulang, coba sambungkan lagi untuk melihat apakah itu berfungsi.

2. Periksa Lampu Modem

Mungkin ada masalah dengan koneksi internet Anda dan bukan perangkat yang terhubung. Untuk mengonfirmasi, periksa “lampu Internet” pada router dan pastikan itu berfungsi. Selain itu, pastikan tidak ada perilaku yang tidak biasa; seperti kerlip cahaya yang luar biasa.

Idealnya, lampu DSL harus ON atau hijau dalam beberapa kasus, dan lampu indikator WiFi harus berkedip. Jika Anda tidak yakin cara memeriksa, hubungi layanan layanan pelanggan ISP (penyedia layanan Internet) Anda. Konfirmasikan apa yang salah dengan Internet dan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk memperbaiki masalah.

3. Use Built-in Troubleshooter

Jika Intenet baik-baik saja dari ISP dan Internet bekerja pada setidaknya satu perangkat yang terhubung, maka ada kemungkinan ada masalah dengan adaptor WiFi perangkat Anda. Ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan program pemecah masalah bawaan yang dilengkapi dengan Windows dan Mac.

Sebagai contoh, mari kita ambil Windows. Di sini Anda memiliki pemecah masalah jaringan bawaan yang dapat memecahkan atau setidaknya menjawab sebagian besar masalah terkait jaringan. Klik kanan pada ikon jaringan di bilah tugas dan pilih ” Pemecahan masalah .” Windows akan secara otomatis mencari masalah dan memperbaikinya. Jika tidak bisa memperbaikinya, maka setidaknya Anda akan tahu apa masalahnya. Anda dapat mencari solusi untuk masalah online, atau bahkan bertanya di komentar di bawah ini; kami mungkin bisa membantu.

Opsi yang sama juga tersedia untuk Mac OS X dan Ubuntu.

4. Flush DNS

Kadang-kadang konflik cache DNS dapat menyebabkan tidak dapat mengakses situs web, dan Anda mungkin berpikir bahwa internet tidak berfungsi. Anda harus membersihkan DNS untuk memastikan tidak menimbulkan masalah. Di Windows start menu ketik “cmd” dan buka sebagai administrator.

Command prompt akan terbuka, di sini ketik “ ipconfig / flushdns ” dan tekan enter. Ini akan membersihkan cache DNS.

5. Ubah Mode Nirkabel pada Router

Ini adalah kasus luar biasa dan hanya terjadi jika Anda memiliki kartu atau perangkat Wi-Fi lama. Jika Anda mendapatkan akses Internet pada PC Anda dengan menghubungkan ke router melalui kabel ethernet. Maka kemungkinan ada hambatan komunikasi antara kedua perangkat ini. Dan salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengubah mode Nirkabel.
Ada beberapa mode Nirkabel pada router. Misalnya, Anda mungkin telah melihat sesuatu seperti – 802.11 b atau 802.11 b / g atau 802.11 b / g / n, dll. B, g, n, dan ac ini adalah standar nirkabel yang berbeda. B adalah standar WiFi tertua yang mencakup lebih sedikit area dan memberikan lebih sedikit kecepatan sementara ac adalah yang terbaru dengan jangkauan yang lebih luas dan kecepatan jaringan yang lebih baik. Anggap mereka seperti standar USB 1.0, 2.0 dan 3.0; di mana yang terbaru paling cepat dan kompatibel ke belakang. Sekarang biasanya mode Nirkabel diatur ke  802.11 b / g / n /  dan berfungsi dengan baik untuk kebanyakan orang. Namun terkadang perangkat lama (terutama smartphone lama) tidak kompatibel dengan mode ini dan karenanya menunjukkan masalah jaringan.
Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah – dari komputer Anda,  masuk ke dasbor router Anda  dan cari opsi yang mengatakan –  Mode Nirkabel , biasanya di bawah pengaturan Nirkabel tempat Anda mengatur WiFi SSID dan kata sandi, dll. Selanjutnya, ke Nirkabel mode, Anda akan melihat menu drop-down, klik itu dan pilih  802.11 b  dan  simpan  perubahan . Sekarang restart WiFi pada perangkat yang memiliki masalah WiFi dan lihat apakah ini memperbaiki masalah. Jika ini tidak berhasil, maka coba  802.11 g . Jika Anda masih belum berhasil, lihat solusi berikutnya.

6. Dapatkan IP dan DNS secara Otomatis

Jika Anda mendapatkan akses Internet dengan menghubungkan komputer / smartphone Anda ke jaringan WiFi lain, tetapi tidak dengan WiFi Anda saat ini, maka kemungkinan ada konflik DNS atau alamat IP. Cara lain untuk memeriksa itu adalah dengan melakukan ping router Anda dari baris perintah. Jika Anda mendapatkan respons timeout atau host tujuan yang tidak dapat dijangkau, maka kemungkinan itu adalah konflik alamat IP.

Idealnya, Anda harus mengatur pengaturan jaringan untuk secara otomatis mendapatkan alamat IP dan DNS yang disediakan oleh ISP Anda untuk memastikan konflik yang paling sedikit. Namun, terkadang memberikan alamat IP statis ke perangkat Anda atau mengubah server DNS membantu memperbaiki masalah jaringan. Atau, jika Anda menggunakan alamat IP statis maka akan bijaksana untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis. Singkatnya, coba balikkan pengaturan di sini dan lihat mana yang cocok untuk Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk Windows, jika Anda menjalankan Sistem Operasi lain seperti Mac OS atau Android dll., Lalu lihat artikel kami sebelumnya tentang cara mengubah DNS pada semua platform dan bagaimana menetapkan alamat IP statis pada semua platform utama.

Untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis di Windows, kita perlu mengubah pengaturan adaptor jaringan. Untuk melakukan itu, klik Start Menu dan ketik Network and Sharing Center. Klik setelah Anda melihat Ikon Jaringan dan Pusat Berbagi.

Atau, jika Anda berada di Windows 10 maka Anda dapat mengklik kanan menu Start dan klik ” Network Connections “.

Ketika jendela jaringan terbuka, lalu klik Ubah Opsi Adapter.

Pada jendela Network Connections, klik kanan pada Network Adapter Anda saat ini yaitu. Wi-Fi dan pilih Properties.

Ketika jendela baru muncul, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4) dan klik Properties.

Setelah Anda mendapatkan jendela sembul, pilih ” Dapatkan alamat IP secara otomatis” dan ” Dapatkan alamat Server DNS secara otomatis”. Selanjutnya, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Anda harus terhubung secara otomatis, jika tidak, maka coba restart PC Anda. Ini harus memulai ulang Network Adapter dan itu akan mulai menggunakan Alamat IP otomatis.

7. Perbaiki Masalah Driver Jaringan

Terkadang driver jaringan lama atau yang rusak dapat menyebabkan tidak ada internet pada masalah WiFi yang terhubung. Untuk memperbaiki masalah driver jaringan, Tekan tombol Window + R dan masukkan ” devmgmt.msc ” untuk membuka ” Device Manager.”

Di sini perluas ” Network adapters ” dan temukan “Wireless Network Adapter” Anda. Di sini, saya memiliki Adaptor Nirkabel Jaringan Qualcomm Atheros jadi itu Adaptor Wi-Fi untuk saya. Terlepas dari merek apa pun yang Anda punya, itu harus diakhiri dengan “Wireless Network Adapter”. Sekarang klik kanan pada adapter jaringan dan klik pada opsi ” Perbarui perangkat lunak driver “.

Setelah Anda mendapatkan pop-up driver pembaruan, Anda akan disajikan dengan dua opsi. Anda dapat memperbarui driver baik secara manual atau otomatis (online). Coba sambungkan PC Anda ke router menggunakan kabel Ethernet untuk mendapatkan akses internet. Jika tidak ada masalah dengan router atau koneksi internet, maka Anda harus terhubung dengan mudah. Jika terhubung, klik ” Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui ,” dan Windows akan secara otomatis menemukan dan menginstal driver yang tepat.

Jika Anda tidak dapat terhubung, maka Anda harus mengunduh secara manual driver terbaru dari situs web pabrikan pada perangkat lain yang terhubung internet dan memindahkannya ke PC Anda. Setelah Anda memiliki driver terbaru, gunakan opsi ” Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver ” untuk menginstal perangkat lunak driver secara manual.

8. Reset Router

Ini adalah opsi yang agak keras, tetapi dalam kebanyakan kasus, ini menyelesaikan semua jenis masalah yang berhubungan dengan router. Anda dapat mengatur ulang router ke pengaturan pabrik untuk mengatur ulang semua perubahan baru yang mungkin menyebabkan masalah. Ini juga berarti Anda harus sekali lagi melindungi kata sandi router Anda dan mengubah pengaturan dasar sesuai kebutuhan Anda.

Meskipun Anda dapat mengatur ulang router dari pengaturannya, cara yang lebih mudah adalah dengan menekan tombol reset fisik pada router itu sendiri. Tombol reset biasanya disembunyikan di dalam lubang kecil, jadi Anda harus memeriksa router dengan hati-hati untuk menemukan tombol. Setelah ditemukan, gunakan klip kertas (atau yang serupa) untuk menekan tombol di dalam dan menahannya selama 5-15 detik, atau sampai semua lampu router berkedip dan router memulai kembali. Anda harus dapat terhubung ke internet saat router memulai kembali.

Catatan: Sebelum Anda mereset router Anda, pastikan untuk masuk ke antarmuka web router Anda dan tulis nama pengguna dan kata sandi, yang digunakan untuk login ke server ISP.

9. Atur Ulang Jaringan Anda

Seperti namanya, Network Reset dinonaktifkan, lalu instal kembali semua adapter jaringan Anda dan atur komponen jaringan lainnya kembali ke pengaturan aslinya. Windows akan melupakan jaringan Ethernet Anda, jaringan WiFi Anda, dan kata sandi, dan koneksi VPN Anda dll. Artinya itu akan menghapus semua kredensial WiFi yang tersimpan dan koneksi VPN Anda. Inilah sebabnya mengapa membenci jaringan Anda harus menjadi pilihan terakhir Anda.

Jika Anda menggunakan Windows 10, klik tombol Start dan ketik Network Reset.

Jendela baru akan terbuka memperingatkan Anda tentang apa yang akan terjadi ketika jaringan Anda. Klik tombol ” Reset sekarang ” untuk mengatur ulang jaringan dan restart PC Anda.

10. Panggil ISP

Pada akhirnya, itu adalah tugas Penyedia Layanan Internet Anda untuk memastikan Anda terhubung ke internet setiap saat, terutama jika mereka telah menyediakan router dan modem juga. Jika tidak ada tips di atas yang berfungsi, hubungi ISP Anda dan beri tahu mereka masalahnya. Mereka harus dapat memberikan instruksi panggilan untuk memperbaiki masalah, baik sistem operasi dan masalah router.

Jika mereka tidak dapat memperbaiki masalah saat panggilan, Anda dapat meminta mereka untuk mengirim agen untuk memperbaiki masalah Anda.

Penutup

Seperti yang saya katakan sebelumnya, tidak ada jawaban pasti untuk tidak ada masalah akses internet. Tips di atas harus dapat memperbaiki sebagian besar masalah yang terkait dengan perangkat lunak. Namun, jika ada masalah perangkat keras – seperti kartu jaringan atau router yang rusak – maka Anda harus menghubungi teknisi ahli.

Written by masarbi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

HOW TO Create A SMUDGE PAINTING EFFECT IN PHOTOSHOP

6 Aplikasi Pembaca Buku Komik Terbaik untuk Android