Cara blokir dan Mengaktifkan Parental Control Di Youtube

Blokir Situs Dewasa di youtube untuk anak kecil


YouTube, situs berbagi video favorit dunia, dapat menjadi mimpi buruk orangtua, terutama jika Anda memiliki anak yang penasaran. Sebagai orang tua, Anda berperan sebagai polisi lalu lintas internet. Sayangnya, internet adalah jalan raya 50 juta jalur. Tidak ada V-chip untuk YouTube seperti ada untuk televisi, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga anak-anak Anda sedikit lebih aman.

Tidak ada jaminan bahwa perlindungan ini akan menjaga konten dewasa dari mencapai mata anak-anak Anda, tetapi ada sesuatu yang lebih baik daripada tidak sama sekali.

Berikut adalah beberapa kontrol orangtua Google yang dapat Anda atur untuk YouTube.

Cara Setting dan Mengaktifkan Parental Control Di Youtube

Aktifkan Mode Terbatas YouTube di Browser Web Anda


Meskipun kami sarankan menggunakan aplikasi anak-anak YouTube untuk kontrol orangtua yang lebih baik; tetapi jika karena alasan tertentu, Anda terjebak dengan aplikasi YouTube, berikut beberapa pengaturan yang dapat Anda atur, untuk menangani semua video obyektif yang diunggah di YouTube.

YouTube memiliki fitur yang disebut restricted mode ini yang secara otomatis menyembunyikan video yang mungkin berisi konten yang tidak pantas yang ditandai oleh pengguna dan sinyal lainnya. Meskipun dari pengalaman saya, itu masih jauh dari sempurna, namun, jika Anda memiliki anak di rumah Anda, penting untuk mengaktifkannya.

1. Turn on the Restricted Mode


Buka aplikasi YouTube di Android atau iPhone atau iPad> ketuk pada tiga titik vertikal di sudut kanan atas. Selanjutnya, ketuk Settings > select General > tap on Restricted Mode Filtering and toggle Strict.

Restricted mode on YouTube

Satu masalah besar dengan mode terbatas adalah, sama seperti Anda menyalakannya, siapa pun dapat mematikannya dengan menekan tombol. Tidak ada perlindungan Pin atau kata sandi, untuk memastikan anak-anak tidak menonaktifkan mereka dengan mengetahui atau tidak.

Untuk menonaktifkan mode terbatas dalam versi desktop YouTube, seseorang harus memasukkan kata sandi Google Anda untuk mematikan fitur ini, tidak ada opsi seperti itu tersedia di aplikasi YouTube. Selain itu, mode terbatas ini didukung oleh data crowdsourced dan beberapa perusahaan berbasis kontrak yang secara manual menandai setiap video setelah menontonnya. Dan untuk platform di mana 300 jam video diunggah setiap menit, secara manual menandai setiap video tidak efektif.

2. Matikan Putar Otomatis


Mematikan Autoplay tidak akan membuat konten yang tidak pantas dapat melewati algoritma. Misalnya, beberapa tahun yang lalu, mengetik "Elsa dan Anna" ke dalam pencarian YouTube, menyarankan video yang relevan. Namun, setelah mengklik beberapa hasil pencarian teratas, video terkait di sebelahnya tidak cocok untuk anak-anak.

Untuk mematikan AutoPlay di web YouTube, cukup klik tombol putar otomatis biru di sudut kanan atas, pemutar YouTube. Namun, pada Android dan iOS, putar otomatis disembunyikan di bawah halaman pengaturan. Pada aplikasi YouTube, ketuk foto profil Anda di kanan atas> pilih Setting > select Autoplay > tap on Autoplay on Home and toggle Off.

Turn Off Auto Play

3. Keluar dari Akun Google Anda


Metode ini akan menangani semua video legal yang belum NSFW di YouTube.

Jika karena alasan tertentu Anda harus tetap menggunakan aplikasi resmi YouTube, maka lebih baik untuk keluar dari akun Google Anda.

Logika di balik ini cukup sederhana ketika seorang creator uploads an NSFW video yang berisi segala bentuk ketelanjangan, kata-kata buruk tetapi dimaksudkan untuk penggunaan pendidikan, mereka harus memeriksa untuk menandai persetujuan usia 18+. Dan jika Anda tidak masuk ke akun Google Anda, maka bahkan jika anak Anda secara tidak sengaja mengetuk thumbnail video, klip tidak akan diputar, sebagai gantinya, ia akan meminta mereka untuk masuk.

this video may be inappropriate for some users

Parental Controls on YouTube Kids


Salah satu cara untuk mengatasi batasan mode terbatas adalah mengunci semua aplikasi lain dan hanya menggunakan aplikasi YouTube Kids. Ini adalah versi khusus YouTube yang dirancang untuk anak-anak dan berisi video ramah anak-anak dari Sesame Street, National Geographic Kids, dan PBS Kids dll.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang membuatnya cocok untuk anak-anak, seperti timer. Anda dapat mengatur penghitung waktu katakan 30 menit, sebelum memberikan telepon kepada anak Anda. Setelah waktu habis, aplikasi akan secara otomatis mengunci dirinya sendiri.

Hal terbaik tentang anak-anak YouTube (Android | iOS) adalah opsi kontrol orangtua bawaan. Misalnya, orang tua dapat menonaktifkan pencarian pada profil anak, yang hanya akan menampilkan video yang dipilih sendiri oleh manusia, alih-alih yang diambil secara algoritmik oleh AI.

YouTube Kids

Anda juga dapat secara manual memasukkan daftar putih video atau saluran yang ingin dilihat anak-anak Anda dengan masuk ke Settings > Child’s profile and select approved content only. Selanjutnya, tambahkan video dan saluran untuk anak-anak Anda

youtube kids parental control

Parental on Phone


Akhirnya, pertimbangkan untuk meletakkan kontrol orangtua di seluruh telepon daripada aplikasi YouTube. Aplikasi kontrol orang tua memungkinkan Anda mengatur waktu layar dan memonitor aktivitas anak Anda dari jarak jauh.

Di masa lalu, kami telah membahas beberapa aplikasi kontrol orangtua yang luar biasa untuk Android dan iOS; namun, jika saya mengambilnya, saya akan merekomendasikan Family Link dari Google.

Untuk memulai, cukup instal aplikasi Google Family Link (Android, iOS) di perangkat anak Anda dan aplikasi Family Link for parents (Android, iOS) di perangkat Anda yang akan Anda kelola akunnya. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur aplikasi di akun anak Anda dan milik Anda.

Setelah semuanya diatur dengan benar, Anda dapat menetapkan batas waktu harian untuk mengatakan satu jam yang berarti anak-anak Anda dapat menggunakan perangkat untuk satu jam saja. Anda juga dapat memblokir aplikasi seperti Play Store dan Google Chrome. Dan yang terbaik, periksa lokasi mereka, semua dilakukan dari jarak jauh dari Family Link untuk aplikasi orang tua Anda.

Google Family Link for children & teenagers

Kata Penutup



Pada akhirnya, tidak ada aplikasi yang akan bekerja untuk Anda jika Anda tidak mengasuh dengan benar. Sesekali di meja makan berbicara dengan anak-anak Anda tentang apa yang mereka tonton di YouTube. Ketika Anda berada di sana, beri mereka beberapa saran tentang apa yang Anda tonton di masa kecil Anda. Juga ingatkan mereka, jika mereka menemukan konten yang mengganggu di YouTube, mereka harus berbicara dengan orang dewasa di dekatnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara blokir dan Mengaktifkan Parental Control Di Youtube"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel