Cara Memperbaiki Kipas Komputer Yang Keras atau Berisik

Kipas (Fan) yang lebih keras dari biasanya di komputer Anda, atau kipas yang mengeluarkan suara aneh, bukanlah sesuatu yang diabaikan. Suara-suara ini biasanya merupakan indikasi bahwa kipas tidak bekerja dengan benar — masalah yang berpotensi serius.

Memperbaiki Kipas Komputer Yang Keras atau Berisik


Kipas yang terletak di bagian dalam komputer membantu menghilangkan panas dalam jumlah besar yang dihasilkan oleh CPU, kartu grafis, catu daya, dan Hardware lainnya di komputer Anda. Ketika panas menumpuk di dalam komputer, bagian-bagian itu memanas hingga berhenti bekerja ... sering secara permanen.

Berikut adalah tiga strategi berbeda untuk menyelesaikan masalah kipas yang berisik, yang semuanya layak untuk diinvestasikan waktu dan usaha. Yang mengatakan, membersihkan kipas harus menjadi prioritas jika Anda mencari solusi yang paling mungkin.

Perhatian: Banyak artikel "pemecahan masalah komputer" lainnya di luar sana merekomendasikan alat perangkat lunak yang memaksa kipas (Fan) komputer Anda melambat atau Brisik, tetapi saya tidak pernah merekomendasikannya. Penyebab masalah yang Anda coba selesaikan dengan langkah-langkah di bawah ini.

Mulailah dengan Membersihkan Kipas Komputer Anda


Waktu yang Dibutuhkan: Mungkin akan memakan waktu sekitar 30 menit untuk membersihkan semua kipas di komputer Anda, mungkin lebih sedikit jika Anda memiliki laptop atau tablet, dan lebih banyak lagi jika Anda menggunakan desktop.

1. Bersihkan kipas CPU, dan kipas komponen lain yang mungkin Anda sukai untuk modul RAM atau chip berbasis motherboard lainnya.

Laptop & Tablet: Komputer Anda mungkin memiliki atau tidak memiliki kipas CPU dan kemungkinan tidak memiliki kipas untuk komponen lainnya. Jika Anda kesulitan menentukan panel mana yang harus dilepas untuk mengakses CPU dan kipas, lihat manual komputer Anda secara online.

Desktop: Komputer Anda hampir pasti memiliki kipas CPU dan kemungkinan akan memiliki kipas kartu grafis (kipas GPU). Lihat Cara Membuka Kasing Komputer Desktop jika Anda belum pernah masuk sebelumnya.

2. Bersihkan power supply fan Dan any case fans.

Laptop & Tablet: Komputer Anda mungkin hanya memiliki satu kipas dan sedang meledak. Hindari meniup debu langsung kembali ke komputer, yang dapat memperburuk masalah kebisingan kipas di masa depan. Sebaliknya, hembuskan udara ke arah kipas angin pada sudut tertentu, hembuskan debu menjauh dari pintu kipas.


Desktop: Komputer Anda memiliki kipas catu daya dan mungkin atau mungkin tidak memiliki kipas case inflow dan outflow. Tiup kipas ini dari luar dan dalam sampai Anda tidak melihat debu lagi terbang keluar dari mereka.

Jika setelah membersihkan kipas, itu tidak bergerak sama sekali, saatnya untuk menggantinya. Periksa dulu bahwa kipas dicolokkan ke motherboard atau apa pun yang menyediakan daya, tetapi di luar itu, saatnya untuk yang baru.


Jika kipas masih bekerja tetapi tidak jauh lebih baik, atau jika masih tidak berperilaku seperti yang Anda pikirkan, terus membaca untuk beberapa ide lagi.

lihat juga : cara setting VPN di windows 10

Prerhatian: Karena masalah keamanan, jangan buka power supply dan ganti hanya kipas; seluruh power supply harus diganti sebagai gantinya. Saya tahu itu mungkin pengeluaran besar, tapi tidak sepadan dengan risikonya.


Jauhkan Komputer Anda dari Tempat Panas


Sangat mungkin bahwa semua Anda bekerja dengan baik dan, sekarang mereka bersih, berjalan lebih baik dari sebelumnya. Namun, jika mereka masih membuat banyak kebisingan, itu mungkin karena mereka diminta untuk melakukan lebih dari yang seharusnya mereka lakukan.


Dengan kata lain, komputer Anda sangat panas dan, bahkan dengan kipas besar yang berjalan dengan kecepatan penuh, mereka tidak dapat mendinginkan perangkat keras Anda cukup untuk memperlambat — dengan demikian kebisingan!

Ada banyak cara untuk mendinginkan komputer Anda, dari bergerak di tempat itu, untuk meningkatkan ke penggemar yang lebih baik, dll. Lihat Cara untuk Menjaga Komputer Anda Tetap Dingin untuk mengetahui opsi-opsi Anda secara lengkap.

Jika ide-ide itu tidak berfungsi, atau Anda tidak dapat mencobanya, saatnya untuk melihat mengapa perangkat keras Anda mungkin didorong ke batasnya.


Periksa Pengelola Tugas untuk Program Hungry


Kecuali jika perangkat keras yang didinginkan kipas memiliki masalah fisik dan sedang memanas dan membuat kipas Anda berisik karena alasan itu, sistem operasi dan perangkat lunak Anda adalah alasan utama perangkat keras Anda bekerja lebih banyak (mis. Semakin panas).


Di Windows, Task Manager adalah alat yang memungkinkan Anda melihat bagaimana masing-masing program menggunakan perangkat keras komputer Anda, yang paling penting adalah CPU. Begini caranya:


  • Buka Task Manager. Kombo pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc adalah cara tercepat di sana tetapi tautan tersebut juga memiliki beberapa metode lain.
  • Tombol Manajemen Disk di menu mulai Power User (Win-X)
  • Task Manager adalah raksasa dari suatu program. Lihat Pengelola Tugas kami: Panduan Lengkap jika Anda tertarik dengan apa pun yang dapat dilakukannya.
  • Ketuk atau klik pada tab Proses. Jika Anda tidak melihatnya, coba tautan Lebih detail di bagian bawah Task Manager.
  • Setelah pada tab Proses, ketuk atau klik kolom CPU sehingga program yang menggunakan sebagian besar kapasitas CPU terdaftar terlebih dahulu.
  • Tab Proses dan CPU pada Disk Manager untuk Windows 10
  • Biasanya, jika suatu program individual "di luar kendali" persentase CPU akan sangat tinggi — pada atau mendekati 100%. Program yang tercantum dalam satu digit, bahkan hingga 25% atau lebih, biasanya tidak menjadi masalah.
  • Jika suatu proses tertentu tampaknya mendorong penggunaan CPU melalui atap, yang hampir selalu juga tercermin sebagai aktivitas penggemar komputer yang serius, program atau proses itu mungkin perlu diperbaiki.


Taruhan terbaik Anda adalah menuliskan nama program dan kemudian mencari online untuk proses dan penggunaan cpu tinggi. Misalnya, penggunaan chrome.exe cpu tinggi jika Anda menemukan chrome.exe sebagai biang keladinya.
Memperbarui driver ke kartu video Anda adalah langkah mudah yang mungkin ingin Anda coba juga, terutama jika kipas GPU adalah salah satu yang tampaknya menyebabkan masalah. Ini bukan perbaikan yang mungkin dilakukan untuk penggemar GPU yang cepat tetapi ini bisa membantu dan sangat mudah dilakukan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kipas Komputer Yang Keras atau Berisik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel