√ Cara Setting kamera Vivo V5, V5s dan V5 Plus Professional

Cara Setting kamera Vivo V5, V5s dan V5 Plus


Ponsel Vivo, yang terbaru adalah Vivo V5, Vivo V5s dan Vivo V5 Plus dikenal dengan kamera dan musik. Mode profesional yang dikenal sebagai mode manual di ponsel Vivo V5 Plus hampir mirip dengan mode manual kamera DSLR, karena Anda dapat menyesuaikan pencahayaan sesuai kebutuhan Anda. Mode manual di ponsel ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan kamera seperti kecepatan bidik, ISO, white balance, mode fokus, dan kompensasi pencahayaan. Dengan bermain dengan pengaturan ini, Anda dapat mengambil foto kreatif seperti eksposur lama dan jejak cahaya, yang jika tidak akan dimungkinkan menggunakan mode otomatis.

Dalam posting ini Anda akan mengetahui bagaimana Anda dapat menggunakan pengaturan ini dalam mode profesional untuk mendapatkan hasil terbaik menggunakan smartphone Vivo V5 Plus.

Kecepatan Bidik dalam Mode Profesional Kamera Vivo V5 Plus


Shutter Speed ​​adalah lamanya waktu bidik di dalam kamera terbuka untuk mengekspos sensor gambar. Kecepatan bidik dilambangkan dalam detik atau sepersekian detik, mis. 2 detik, 10 detik, 1/50 detik, 1/250 detik, dll. Kecepatan bidik yang lebih cepat dapat digunakan untuk membekukan subjek dalam bingkai Anda, sedangkan kecepatan bidik lambat dapat digunakan untuk menangkap subjek yang bergerak atau pencahayaan yang lama.

Aplikasi kamera Vivo V5 Plus memungkinkan Anda menyesuaikan kecepatan bidik secara manual hingga 1/12000 detik dan paling lambat 32 detik, kecepatan bidik tercepat yang saya temui hingga saat ini di kamera ponsel.

Dengan menggunakan kecepatan bidik 1/500 detik atau lebih cepat, Anda dapat membekukan gerakan subjek yang bergerak cepat seperti olahragawan atau burung / binatang. Kecepatan bidik cepat akan memastikan bahwa subjek yang bergerak dengan kecepatan cepat tampak stabil dan tajam dalam foto. Seperti pada gambar di bawah ini saya ingin membekukan pergerakan subjek dalam bingkai saya, jadi saya menggunakan kecepatan bidik cepat menggunakan mode manual di aplikasi kamera ponsel saya.

cara mengatur kamera profesional vivo v5s

Cara mengatur kamera profesional vivo v5s Jika Anda ingin menangkap adegan yang sama tetapi ingin menunjukkan gerakan, Anda dapat menggunakan kecepatan bidik lambat untuk menambah durasi ketika sensor gambar terekspos. Dengan melakukan itu, Anda akan dapat mengambil foto yang menunjukkan gerakan, itu bisa berupa olahragawan yang bergerak atau binatang.

Ada situasi ketika momen berlangsung lebih dari sepersekian detik dan untuk menangkap momen seperti itu Anda perlu memperlambat kecepatan bidik. Misalnya, Anda ingin menangkap jejak cahaya mobil yang bergerak yang mengharuskan Anda menggunakan kecepatan bidik selambat 4-5 detik. Kecepatan bidik lambat di tidak semua tentang menangkap gerakan cahaya, Anda juga dapat menggunakan kecepatan bidik lambat dalam kondisi cahaya rendah.

CATATAN: Disarankan untuk menggunakan tripod atau semacam dudukan saat menggunakan kecepatan bidik lebih lambat dari 1/60 detik untuk menghindari guncangan kamera, yang akan memengaruhi ketajaman foto.

ISO dalam Mode Profesional Vivo V5 Plus


ISO adalah sensitivitas kamera Anda terhadap cahaya yang tersedia. Ini berarti bahwa semakin rendah nomor ISO, semakin banyak cahaya yang dibutuhkan sensor kamera untuk mengekspos foto dengan benar. Demikian pula, semakin tinggi nomor ISO, semakin sedikit cahaya yang dibutuhkan sensor kamera untuk mengekspos foto dengan benar. Saat Anda meningkatkan nomor ISO, sensitivitas sensor gambar meningkat yang mengarah ke noise / butiran pada gambar.

Aplikasi kamera Vivo V5 Plus memungkinkan Anda menyesuaikan nilai ISO secara manual hingga serendah ISO 50 dan setinggi ISO 3200.

Saat Anda menggandakan nomor ISO saat menggunakan mode manual pada aplikasi kamera ponsel Anda, cahaya yang dibutuhkan oleh kamera berkurang setengahnya. Demikian pula, jika Anda mengurangi nomor ISO hingga setengahnya, cahaya yang dibutuhkan menjadi dua kali lipat untuk mengekspos foto dengan benar.

Dalam bahasa yang sederhana, ketika Anda ingin lebih banyak cahaya di foto Anda, tingkatkan ISO dan ketika Anda ingin mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke kamera Anda, kurangi nomor ISO. Misalkan Anda mengeklik foto genggam menggunakan kecepatan bidik 1/100 detik tetapi foto Anda menjadi gelap saat menggunakan ISO 100, yang harus Anda lakukan adalah menambah nomor ISO untuk membiarkan lebih banyak cahaya.

Contoh lain adalah ketika Anda ingin mengklik eksposur panjang menggunakan tripod, pastikan bahwa Anda mengatur ISO Anda pada nomor minimum yang tersedia di aplikasi kamera Anda untuk menghindari butiran dan membiarkan cahaya kurang sehingga kecepatan bidik dapat dikurangi menjadi menangkap paparan yang lama.

Tapi, ada rentang ISO hingga kinerja kamera ponsel tertentu dan biasanya berkisar dari ISO 50 hingga ISO 400, di luar itu Anda akan mulai memperhatikan butiran di foto Anda.

Angka ISO lebih rendah = Lebih banyak cahaya yang dibutuhkan = Anda harus menggunakan kecepatan bidik yang lebih rendah.
Angka ISO lebih tinggi = Lebih sedikit cahaya yang dibutuhkan = Anda harus menggunakan kecepatan bidik yang lebih cepat.

White Balance in Vivo V5 Plus Professional Mode


Tujuan menyesuaikan white balance adalah untuk mendapatkan warna dalam foto seakurat mungkin. Sumber cahaya yang berbeda memiliki suhu warna sendiri, sumber cahaya tungsten akan menambahkan warna yang menguning ke foto sedangkan sumber cahaya fluoresen akan menambahkan warna yang kebiruan.

Warna yang diambil dalam foto mungkin tidak terlihat oleh kami karena mata kami menyesuaikan diri untuk menyesuaikan sesuai sumber cahaya, tetapi kamera mungkin gagal melakukannya dalam mode white balance otomatis. Ini adalah alasan mengapa penting untuk memahami bagaimana sumber cahaya akan mempengaruhi white balance Anda dan bagaimana Anda dapat mengatasinya dengan memilih apt white balance.

Setiap kamera ponsel mungkin memiliki kisaran suhu white balance yang berbeda, seperti Vivo V5 Plus memiliki kisaran 2300K hingga 7000K. Dengan mengambil kisaran suhu ini sebagai sampel, 2300K menunjukkan nada dingin sedangkan 7000K menunjukkan nada lebih hangat. Anda dapat mengatur suhu tergantung pada suhu sumber cahaya yang diarahkan pada subjek.

Jika Anda mendapatkan warna yang menguning pada foto Anda, cukup gerakkan skala suhu ke kiri. Jika Anda mendapatkan cetakan kebiru-biruan di foto, gerakkan skala suhu ke kanan untuk mendapatkan nada warna alami subjek.

Baca Juga

Belum ada Komentar untuk "√ Cara Setting kamera Vivo V5, V5s dan V5 Plus Professional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel