6 Cara Memperbaiki Masalah “USB Device Not Recognized” Di Windows

Apakah Anda pernah menghadapi masalah tentang "USB Device Not Recognized"? Jika ya, Kesalahan menjengkelkan ini dapat terjadi karena berbagai alasan dan karena kesalahan ini Anda tidak dapat menggunakan drive di komputer Anda. Jenis kesalahan ini terutama kesalahan driver yang umumnya terjadi karena kegagalan fungsi atau kerusakan driver USB di PC. Namun ada juga pesan kesalahan “USB Device Not Recognized” akan timbul saat Windows gagal mengenali perangkat USB yang tersambung ke komputer.

Cara Memperbaiki Masalah “USB Device Not Recognized” Di Windows


Pada tutorial ini ada bisa mencoba salah satu ya untuk memperbaikinya. Cara ini bisa juga untuk windows 7, 8 dan 10.

Bagaimana Mengatasi USB Device Not Recognized Di Windows


Metode ini sangat sederhana dan Anda harus memperbarui driver. Anda dapat dengan mudah mengakses perangkat USB di komputer Anda. Cukup ikuti langkah-langkah yang di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Restart


Terkadang, reboot bisa memperbaiki USB Device Not Recognized. Colokkan perangkat USB Anda, tunggu beberapa menit, kemudian nyalakan kembali komputer Anda. Sambungkan kembali perangkat USB Anda.

2. Coba komputer lain


Coba pasang perangkat USB Anda ke komputer lain. Jika tidak berfungsi pada PC kedua, perangkat Anda bisa salah. Anda mungkin ingin memperbaikinya atau membeli yang baru.

3. Colokkan perangkat USB lainnya


Terlalu banyak perangkat USB pada mesin yang sama dapat menimbulkan konflik, yang dapat menghentikan jalannya beberapa perangkat.

Untuk menghindari kemungkinan konflik di antara perangkat, disarankan agar Anda melepaskan perangkat USB lain dan melihat apakah perangkat yang ingin Anda gunakan berfungsi.

4. Ubah pengaturan Power Management setting untuk USB Root Hub


1) Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan. Ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.



2) Klik panah bawah untuk membuka Universal Serial Bus controllers. Klik kanan opsi USB Root Hub dan klik Properties.




3) Buka tab power Manajemen dan hapus centang pada Allow the computer to turn off this device to save power. Klik OK.



Jika Anda memiliki lebih banyak USB Root Hubs, Anda perlu mengulangi tutorial ini beberapa kali. Harap ingat untuk mengklik OK setelah setiap selesai.

Setelah pengaturan, pasang kembali perangkat USB Anda untuk melihat apakah komputer Anda dapat mengenalinya.

Jika perangkat USB Anda masih tidak berfungsi setelah ini, silakan periksa Allow the computer to turn off this device to save power.

5. Perbarui driver port USB


Jika metode di atas tidak berhasil menyelesaikan masalah Anda, mungkin Anda menggunakan driver USB yang salah.

Ada dua cara bagi Anda untuk memperbarui driver port USB Anda: secara manual atau otomatis.

Pembaruan driver manual - Anda dapat memperbarui driver port USB Anda secara manual dengan mengunjungi situs web produsen PC Anda, dan mencari driver terbaru yang paling tepat untuknya. Pastikan untuk memilih satu-satunya driver yang kompatibel dengan varian Windows Anda.

Pembaruan driver otomatis - Jika Anda tidak punya waktu, kesabaran, atau keterampilan komputer untuk memperbarui driver secara manual, Anda dapat melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy. Driver Easy akan secara otomatis mengenali sistem Anda dan menemukan driver yang tepat untuknya. Anda tidak perlu tahu persis sistem apa yang dijalankan komputer Anda, Anda tidak perlu mengambil risiko mengunduh dan menginstal driver yang salah, dan Anda tidak perlu khawatir membuat kesalahan saat menginstal:

1) Download and install Driver Easy. 

2) Jalankan Driver Easy dan klik tombol Scan Now. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mendeteksi driver masalah.



3) Klik tombol Update di sebelah driver yang ditandai untuk secara otomatis mengunduh dan menginstal versi yang benar dari driver itu (Anda dapat melakukan ini dengan versi GRATIS).


Atau klik Perbarui Semua untuk secara otomatis mengunduh dan menginstal versi yang benar dari semua driver yang hilang atau ketinggalan zaman pada sistem Anda (ini membutuhkan versi Pro yang dilengkapi dengan dukungan penuh dan jaminan uang kembali 30 hari. Anda akan diminta untuk meningkatkan ketika Anda mengklik Perbarui Semua).




6. Ubah pengaturan power supply


1) Ikuti langkah ini: Control Panel > Hardware and Sound > Power Options.



2) Klik Choose what the power button does.



3) Klik Change settings that are currently unavailable.



4) Hapus centang Turn on fast startup dan tekan Save Changer.



5) Restart kembali komputer Anda dan colokkan perangkat USB untuk melihat apakah itu berfungsi.

Seharusnya Anda sudah melihat pesan “Windows has successfully updated your driver software”. sekian kalo masih binggung bisa di tanyakan di komentar di bawah ini. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Memperbaiki Masalah “USB Device Not Recognized” Di Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel