5 Sofware Terbaik Monitoring Jaringan komputer untuk Windows dan Linux

Mоnіtоrіng jаrіngаn kоmрutеr аdаlаh рrоѕеѕ pengumpulan dаn аnаlіѕіѕ tеrhаdараt dаtа lalu lintas jаrіngаn dengan tujuan memaksimalkan ѕеluruh ѕumbеr dауа уаng dіmіlіkі jaringan komputer. Jika Anda adalah administrator sistem, administrator jaringan, atau hanya seseorang yang berurusan dengan banyak perangkat jaringan, maka Anda akan tahu betapa pentingnya memiliki sofware Monitoring jaringan komputer yang mampu. Meskipun ada beberapa sofware Monitoring jaringan komputer di luar sana, kebanyakan dari mereka adalah sumber tertutup.

5 Sofware Terbaik Pemantau Jaringan komputer untuk Windows dan Linux


Ada beberapa software monitoring pc alat pemantauan jaringan komputer yang akan saya bagikan berikut adalah beberapa alat monitor jaringan  komputer terbaik yang juga gratis.

5 Software Monitoring Jaringan Komputer terbaik


1. Cacti


Cacti adalah RRD (Round Robin Database) standar industri dan alat pencatatan data yang menunjukkan grafik yang indah dan terperinci. Cacti memiliki modul MRTG (Multi Router Traffic Graphing) bawaan yang dapat melacak dan mengukur lalu lintas router seperti waktu proses pada server, paket yang hilang, lalu lintas jaringan yang sebenarnya, dll. Salah satu manfaat terbesar dari alat jaringan Cacti adalah bahwa ia dapat tidak hanya melacak dan mengumpulkan data tetapi juga dapat mewakili data dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Ini sangat berguna untuk membandingkan dan memanipulasi hasil sesuai kebutuhan.

Perlu diingat bahwa untuk memulai dengan Cacti, Anda harus menginstal PHP, Apache, dan SNMP di sistem atau server Anda.

Jika Anda menginginkan perangkat lunak yang dapat mengumpulkan data dari titik data akhir yang berbeda dan memungkinkan Anda mewakili dan memanipulasi data yang dikumpulkan dalam grafik yang indah dan berguna, maka Cacti adalah untuk Anda.

open source networking monitoring tool 01 - catci

Dukungan platform: Cacti mendukung Windows dan Linux.

Download Cacti

2. Nagios Monitoring


Nagios adalah salah satu yang populer dalam hal alat pemantauan jaringan open source. Sementara Cacti dirancang dengan fokus pada manipulasi data, fokus utama Nagios adalah menciptakan status dan peringatan tentang peristiwa berdasarkan data yang dikumpulkan. Sekarang, karena Nagios memiliki dukungan plugin, Anda dapat membuat grafik berdasarkan data yang dikumpulkan dengan menginstal plugin pihak pertama atau pihak ketiga. Meskipun antarmuka pengguna Nagios terlihat cukup tua, namun cukup ringan, andal, dan cepat. Dibandingkan dengan alat pemantauan jaringan lain dalam daftar ini, Nagios menawarkan kontrol yang lebih besar tetapi memiliki kurva belajar yang cukup curam, terutama untuk pemula.

Nagios hadir dalam dua rasa berbeda. yaitu Nagios Core dan Nagios XI. Yang pertama adalah sumber bebas dan terbuka dan yang kedua adalah versi perusahaan berbayar.

Jika Anda mencari alat pemantau jaringan kaya fitur yang memiliki serangkaian plugin dan skrip yang luas dengan dukungan komunitas yang hebat, maka cobalah mencoba Nagios.

open source networking monitoring tool 02 - nagios core

Dukungan platform: Nagios mendukung Linux dan Windows.


3. Icinga


Icinga adalah garpu alat pemantauan Nagios. Out of the box, Icinga tidak hanya terlihat jauh lebih baik dengan antarmuka pengguna web yang responsif tetapi juga memiliki dukungan database yang luas dan skalabilitas yang jauh lebih baik. Meskipun Icinga dimulai hanya sebagai garpu untuk Nagios, pengembang sepenuhnya menulis ulang inti Icinga untuk meningkatkan daya tanggapnya, mengurangi pengaturan yang rumit, dan kemudahan penggunaan. Fitur-fitur Icinga termasuk tetapi tidak terbatas pada pemantauan semua layanan jaringan dan komponen, bahkan penangan, laporan berbasis template yang dapat disesuaikan, dan dukungan plugin. Sama seperti Cacti, Icinga dapat membuat grafik terperinci untuk analisis dan manipulasi data.

Meskipun Icinga masih menggunakan file teks untuk konfigurasi, prosesnya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Nagios.

Jadi, jika Anda menyukai kumpulan fitur atau seberapa kuat Nagios tetapi tidak ingin berurusan dengan pengaturan yang rumit dan UI yang bertanggal maka Icinga adalah untuk Anda.

open source networking monitoring tool 03 - icinga

Dukungan platform: Icinga mendukung Windows dan berbagai distribusi Linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Red Hat, dll.

Download Icinga.


4. Zabbix


Zabbix adalah alat pemantauan jaringan yang sangat populer dan terkemuka di industri yang sebagian besar digunakan oleh orang-orang besar seperti Salesforce, Dell, dll. Salah satu hal terbaik tentang Zabbix adalah tidak hanya memiliki salah satu antarmuka pengguna yang terbaik dan mudah digunakan. , tetapi memungkinkan Anda untuk melakukan hampir semua hal konfigurasi melalui antarmuka web. Yang berarti bahwa kurva belajarnya tidak setajam Nagios. Selain itu, Zabbix mendukung penemuan otomatis jaringan yang terhubung dan komponennya.

 Perlu diingat bahwa Zabbix hadir dalam arsitektur klien dan server. Yang berarti bahwa Anda perlu menginstal agen Zabbix pada mesin klien untuk memantau aktivitasnya dengan benar. Karena itu, Zabbix tidak memiliki masalah melacak layanan reguler seperti HTTP, SSH, FTP, dll., Tanpa menginstal klien.
Fitur lain dari Zabbix termasuk perlindungan diri terhadap perubahan konfigurasi yang tidak diinginkan dan serangan brute-force, otomatisasi skrip, kemampuan untuk berintegrasi dengan alat manajemen industri lainnya seperti bcfg2 dan Puppet.
Zabbix sangat cocok untuk mereka yang menginginkan antarmuka pengguna yang hebat dan kemudahan konfigurasi dan penggunaan.
open source networking monitoring tool 04 - Zabbix

Dukungan platformZabbix is a Linux only software.


5. OpenNMS


OpenNMS terutama dirancang dalam arsitektur yang digerakkan oleh peristiwa dan mendukung pengumpulan metrik dalam berbagai jenis seperti WMI, JSON, SML, HTML, XML, dll. Ketika peristiwa yang ditentukan sebelumnya atau khusus terjadi, OpenNMS dapat mengirim peringatan melalui SMS, email, dan berbagai metode lainnya. Sama seperti Zabbix, OpenNMS dapat secara otomatis menemukan jaringan, berdasarkan daftar IP atau rentang yang Anda tentukan.

Karena OpenNMS telah terintegrasi dengan JFreeChart, Anda dapat membuat grafik yang berguna untuk manipulasi, perbandingan, dan analisis data. Fitur-fitur lain termasuk penyediaan, manajemen acara, pemantauan layanan, kemampuan untuk menyelesaikan masalah sendiri, laporan kinerja terperinci dan bantuan meja bantuan tiket.

Untuk memulai secepat dan seefisien mungkin, OpenNMS memiliki dokumentasi rinci dan tutorial video pendidikan.

open source networking monitoring tool 05 - openNMS

Platform support: OpenNMS support Linux, Windows, and even has support for Docker containers.

Download OpenNMS.

Akhir Kata

Sekian saya bagikan aplikasi monitoring jaringan berbasis web Itu semuanya. Berikan komentar di bawah ini jika Anda merasa saya melewatkan alat pemantauan jaringan komputer,terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Sofware Terbaik Monitoring Jaringan komputer untuk Windows dan Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel