Cara Menghapus/Format Hard Drive di windows 10, 8, 7 dan XP

Halo sobat Anda perlu memformat hard drive jika Anda berencana menggunakannya di Windows. Sebelum melanjutkan sebaiknya anda harus mengenal apa itu hard drive.

Hard disk drive (HDD), hard disk, hard drive, atau fixed disk, adalah perangkat penyimpanan data elektro-mekanis yang menggunakan penyimpanan magnetik untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan satu atau lebih disk yang berputar dengan cepat dan kaku (piringan) dilapisi dengan bahan magnetik.

Format Hard Drive


Memformat hard drive berarti menghapus informasi apa pun pada drive dan mengatur sistem file sehingga sistem operasi Anda dapat membaca data dari, dan menulis data ke, drive.

Meski terdengar rumit, tidak sulit untuk memformat hard drive di versi Windows mana pun. Semua sistem operasi menawarkan kemampuan ini dan Windows membuatnya mudah.

Baca Juga: Cara Upgrade Ke Windows 10

Anda harus memformat drive sebelum menggunakannya di Windows 10, 8, 7, Vista, atau XP


Jika hard drive yang ingin Anda format belum pernah digunakan atau baru saja dihapus, pertama-tama harus dipartisi. Setelah dipartisi, kembali ke halaman ini untuk bantuan memformat drive.

Waktu yang Dibutuhkan: Waktu yang diperlukan untuk memformat hard drive di Windows hampir sepenuhnya bergantung pada ukuran drive, tetapi kecepatan keseluruhan komputer Anda juga ikut berperan.


Cara Memformat Hard Drive di Windows

Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk memformat hard drive di Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, atau Windows XP:


  • Buka Manajemen Disk, manajer hard drive yang disertakan dengan semua versi Windows.
diskmgmt.msc in Windows search field
  • Membuka Manajemen Disk dapat dilakukan dengan beberapa cara tergantung pada versi Windows Anda, tetapi metode termudah adalah dengan mengetik diskmgmt.msc di kotak dialog Run atau menu Start.
Backup Drive (F:) in Disk Management list
  • Setelah Manajemen Disk terbuka, yang mungkin memakan waktu beberapa detik, cari drive yang ingin Anda format dari daftar di atas. Ada banyak informasi dalam Manajemen Disk, jadi jika Anda tidak dapat melihat semuanya, maksimalkan jendela.
Format submenu in Disk Management list


Cari jumlah penyimpanan pada drive serta nama drive. Misalnya, jika dikatakan Musik untuk nama drive dan memiliki ruang hard drive 2 GB, maka Anda mungkin memilih flash drive kecil yang penuh dengan musik.

Jangan ragu untuk membuka drive untuk memastikan itu yang ingin Anda format, jika itu akan membuat Anda yakin bahwa Anda akan memformat perangkat yang tepat.

Perhatian: Jika Anda tidak melihat drive tercantum di bagian atas atau jendela Initialize Disk muncul, itu mungkin berarti bahwa hard drive baru dan belum dipartisi. Mempartisi adalah sesuatu yang harus dilakukan sebelum hard drive diformat. Lihat Cara Mempartisi Hard Drive untuk instruksi dan kemudian kembali ke langkah ini untuk melanjutkan proses pemformatan.


  • Sekarang Anda telah menemukan drive yang ingin Anda format, klik kanan dan pilih Format untuk membuka wizard pemformatan disk.


Perhatian: Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengingatkan Anda bahwa Anda benar-benar perlu memastikan bahwa ini adalah drive yang tepat. Anda tentu tidak ingin memformat hard drive yang salah.


  1. Drive yang Ada: Jika Anda memformat drive yang telah Anda gunakan dan yang memiliki data di dalamnya, periksa kembali di Explorer bahwa huruf drive yang Anda pilih di sini di Manajemen Disk sama dengan yang Anda lihat di Explorer yang memiliki informasi tentang itu yang ingin Anda hapus. Setelah diformat, data yang ada pada disk mungkin tidak dapat dipulihkan bagi kebanyakan orang.
  2. Drive Baru: Jika Anda memformat drive baru, cara terbaik untuk mengetahui bahwa drive itu adalah yang benar adalah dengan melihat kolom Sistem File di bagian atas Manajemen Disk. Drive Anda yang ada akan menampilkan sistem file NTFS atau FAT32 tetapi drive baru yang tidak diformat akan menampilkan RAW.

Catatan: Anda tidak dapat memformat drive C Anda, atau drive apa pun yang diinstal Windows, dari dalam Windows. Bahkan, opsi Format bahkan tidak diaktifkan untuk drive dengan Windows di dalamnya. Lihat Cara Memformat C untuk instruksi tentang memformat drive C.


  • Yang pertama dari beberapa detail pemformatan yang akan kita bahas pada beberapa langkah berikutnya adalah label volume, yang pada dasarnya adalah nama yang diberikan ke hard drive.
Di kotak teks Label volume, masukkan nama apa pun yang ingin Anda berikan ke drive.

Format F: drive dialog in Disk Management

Jika drive memiliki nama sebelumnya dan itu masuk akal untuk Anda, tentu saja simpanlah.

Catatan: Huruf drive ditetapkan selama proses partisi Windows tetapi dapat dengan mudah diubah setelah formatnya selesai. Lihat Cara Mengganti Huruf Drive setelah proses format selesai jika Anda ingin melakukannya.


  • Selanjutnya adalah pilihan sistem file. Di kotak teks sistem File, pilih NTFS.
NTFS dropdown menu in Disk Management


NTFS adalah sistem file terbaru yang tersedia dan hampir selalu merupakan pilihan terbaik. Hanya pilih FAT32 (FAT - yang sebenarnya FAT16 - tidak tersedia kecuali drive 2 GB atau lebih kecil) jika Anda secara khusus diminta untuk melakukannya dengan instruksi program yang Anda rencanakan untuk digunakan pada drive. Ini tidak umum.



  • Di kotak teks ukuran unit Alokasi, pilih Default. Ukuran alokasi terbaik berdasarkan ukuran hard drive akan dipilih.

Default drop down menu in Format F: dialog

Sama sekali tidak umum untuk mengatur ukuran unit alokasi khusus saat memformat hard drive di Windows.

  • Selanjutnya adalah kotak centang Lakukan format cepat. Windows akan mencentang kotak ini secara default, menyarankan Anda melakukan "format cepat" tetapi kami menyarankan Anda menghapus centang pada kotak ini sehingga "format standar" dilakukan.


Unchecked

Dalam format standar, masing-masing "bagian" dari hard drive, yang disebut sektor, diperiksa untuk kesalahan dan ditimpa dengan nol - proses yang terkadang sangat lambat. Prosedur ini memastikan bahwa hard drive berfungsi secara fisik seperti yang diharapkan, bahwa setiap sektor adalah tempat yang dapat diandalkan untuk menyimpan data, dan bahwa data yang ada tidak dapat dipulihkan.

Dalam format cepat, pencarian sektor buruk dan sanitasi data dasar ini dilewati seluruhnya dan Windows berasumsi bahwa hard drive bebas dari kesalahan. Format cepat sangat cepat.

Anda, tentu saja, dapat melakukan apa pun yang Anda suka - metode mana pun akan mendapatkan drive diformat. Namun, terutama untuk drive lama dan baru, kami lebih suka meluangkan waktu dan melakukan pengecekan kesalahan sekarang daripada membiarkan data penting kami melakukan pengujian untuk kami nanti. Aspek sanitasi data format penuh juga bagus, jika Anda berencana menjual atau membuang drive ini.


  • Opsi format terakhir adalah Aktifkan pengaturan kompresi file dan folder yang tidak dicentang secara default, yang kami sarankan tetap digunakan.

Unchecked

Fitur kompresi file dan folder memungkinkan Anda memilih file atau folder yang akan dikompres dan didekompresi dengan cepat, yang berpotensi menawarkan penghematan besar pada ruang hard drive. Kelemahannya di sini adalah bahwa kinerja dapat terpengaruh sama, membuat penggunaan Windows sehari-hari Anda jauh lebih lambat daripada tanpa kompresi diaktifkan.

Kompresi file dan folder tidak banyak digunakan dalam dunia hard drive yang sangat besar dan sangat murah saat ini. Dalam semua kecuali kesempatan yang paling langka, komputer modern dengan hard drive besar lebih baik melindungi semua kekuatan pemrosesan yang dapat dan melewatkan penghematan ruang hard drive.


Tinjau pengaturan yang Anda buat pada beberapa langkah terakhir dan kemudian klik OK.

OK button in Format F: dialog for Disk Management

Sebagai pengingat, inilah yang harus Anda lihat:

  1. Label volume: [label pilihan Anda]
  2. Sistem file: NTFS
  3. Ukuran unit alokasi: Default
  4. Lakukan format cepat: tidak dicentang
  5. Aktifkan kompresi file dan folder: tidak dicentang

Lihat kembali langkah apa pun yang sebelumnya Anda perlu jika Anda bertanya-tanya mengapa ini adalah pilihan terbaik.


  • Windows biasanya cukup baik untuk memperingatkan Anda sebelum Anda mungkin melakukan sesuatu yang merusak, dan format hard drive tidak terkecuali.
Klik OK untuk pesan peringatan tentang memformat drive.

OK button on Formatting warning dialog box

Peringatan: Sama seperti peringatan itu mengatakan, semua informasi pada drive ini akan dihapus jika Anda mengklik OK. Anda tidak dapat membatalkan proses format setengah jalan dan berharap memiliki setengah dari data Anda kembali. Begitu ini dimulai, tidak ada jalan untuk kembali. Tidak ada alasan untuk ini menakutkan tetapi kami ingin Anda memahami finalitas suatu format.


  • Format hard drive telah dimulai!


Anda dapat memeriksa kemajuan dengan menonton pemformatan: xx% indikator di bawah kolom Status di bagian atas Manajemen Disk atau dalam representasi grafis dari hard drive Anda di bagian bawah.

Formatting: 72% in Disk Management

Jika Anda memilih format cepat, hard drive Anda hanya perlu beberapa detik untuk memformat. Jika Anda memilih format standar, yang kami sarankan, waktu yang diperlukan drive untuk memformat akan tergantung sepenuhnya pada ukuran drive. Drive kecil akan membutuhkan sedikit waktu untuk memformat dan drive yang sangat besar akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memformat.

Kecepatan hard drive Anda, serta kecepatan komputer Anda secara keseluruhan, memainkan sebagian tetapi ukurannya adalah variabel terbesar.

Pada langkah berikutnya, kita akan melihat apakah formatnya selesai sesuai rencana.


  • Manajemen Disk di Windows tidak akan mem-flash besar "Format Anda Selesai!" pesan, jadi setelah indikator persentase format mencapai 100%, tunggu beberapa detik dan kemudian periksa lagi di bawah Status dan pastikan itu terdaftar sebagai Sehat seperti drive Anda yang lain.


Healthy (Primary) New Drive in Disk Management

Anda mungkin memperhatikan bahwa sekarang setelah formatnya selesai, label volume telah berubah menjadi apa yang Anda tetapkan (Drive Baru dalam kasus kami) dan% Gratis terdaftar 100%. Ada sedikit overhead yang terlibat jadi jangan khawatir jika drive Anda tidak sepenuhnya kosong.


  • Itu dia! Hard drive Anda telah diformat dan siap digunakan di Windows. Anda dapat menggunakan drive baru sesuka Anda - mencadangkan file, menyimpan musik, dan video, dll.


New Drive (F:) in Windows 10 File Explorer


  • Jika Anda ingin mengubah huruf drive yang ditetapkan untuk drive ini, sekarang adalah waktu terbaik untuk melakukannya. Lihat Cara Mengubah Surat Drive untuk bantuan.

Memformat Menghapus Data - tetapi Tidak Selalu Menghapusnya


Saat Anda memformat drive di Windows, data mungkin atau mungkin tidak benar-benar dihapus. Tergantung pada versi Windows Anda, dan jenis formatnya, ada kemungkinan data masih ada, disembunyikan dari Windows dan sistem operasi lain tetapi masih dapat diakses dalam situasi tertentu.

Lihat Cara Menghapus Hard Drive untuk instruksi tentang cara menghapus semua informasi di hard drive dan Menghapus vs Rusak vs Hapus vs Hapus: Apa Perbedaannya? untuk klarifikasi yang bermanfaat.

Jika hard drive yang Anda format ulang tidak akan pernah perlu digunakan lagi, Anda dapat melewati format dan menghapus, dan malah menghancurkannya secara fisik atau magnetis. Lihat Cara Menghapus Sepenuhnya Hard Drive untuk mengetahui lebih lanjut tentang metode-metode lain ini.

Lebih lanjut tentang Memformat Hard Drive di Windows


Jika Anda ingin memformat hard drive Anda sehingga Anda dapat menginstal Windows lagi dari awal, hard drive Anda akan diformat secara otomatis sebagai bagian dari proses itu. Lihat Cara Bersihkan Instal Windows untuk informasi lebih lanjut.

Tidak puas dengan huruf drive yang diberikan Windows selama proses partisi? Anda dapat mengubahnya kapan saja! Lihat Cara Mengganti Huruf Drive di Windows untuk mempelajari caranya.

Anda juga dapat memformat hard drive melalui Command Prompt menggunakan perintah format.

Postingan Populer Windows


Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus/Format Hard Drive di windows 10, 8, 7 dan XP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel