Apa itu SharePoint dan Apa yang Fungsinya?

Apa itu SharePoint dan Apa yang Dilakukannya?
SharePoint adalah platform kolaborasi Microsoft, mirip dengan Google Drive , lebih dari itu. Ini adalah tempat di mana anggota tim dapat berkomunikasi, bertukar data, dan bekerja bersama; repositori file bersama, blog, sistem manajemen konten web, dan intranet.

SharePoint sebagai Drive File yang Ditingkatkan

Beberapa tahun yang lalu, kolaborasi Microsoft mutakhir memiliki dua komponen: Exchange, yang mendukung email dan kalender bersama , dan drive file jaringan . Drive ini, yang mungkin Anda ingat memiliki huruf drive seperti “S:” atau “X:”, menyimpan file yang dapat diakses seluruh tim Anda, tetapi hanya satu orang yang benar-benar dapat mengeditnya sekaligus. Sebagai solusinya, Anda dapat menyalinnya ke mesin lokal Anda dan mengedit di sana. Ini kadang-kadang akan menyebabkan kebingungan, banyak menimpa, dan nama file samar.
Jadi Microsoft menciptakan SharePoint, yang memberikan beberapa keuntungan:
  • Versi File : Berarti Anda dapat memiliki satu file “Our Important Report.doc”. SharePoint akan mengelola “revisi 1,” “revisi 2,” dll. Bahkan memberikan fungsi komentar, sehingga Anda bisa menggambarkan perubahan apa yang diperkenalkan revisi tertentu, misalnya “ini berisi Komentar Harun”.
  • Check-in / Check-out : Kemampuan bagi pengguna untuk mengunci file dari perubahan oleh pengguna lain. Jika seseorang mencoba mengakses file yang telah diperiksa pengguna lain, SharePoint akan meminta mereka untuk mengunduhnya secara lokal, tetapi juga memperingatkan bahwa setiap perubahan yang dilakukan mungkin tidak sinkron dengan apa pun yang dilakukan pengguna saat ini. Ini memberikan alur kerja sederhana di mana setidaknya seseorang harus menunggu sampai orang lain selesai. Versi yang lebih baru bahkan menawarkan untuk memberi tahu seseorang ketika file dibebaskan.
  • Pengindeksan dan Pencarian yang Kuat : Ini menjadi fitur landasan saat dunia terbiasa dengan Googling segalanya. Lewatlah sudah hari-hari di mana Anda harus menggali melalui selusin level folder dan berharap Anda mengingatnya dengan tepat.
  • Antarmuka Web : Ini dikombinasikan dengan pencarian yang ditingkatkan menjadikan SharePoint toko serba ada untuk berkolaborasi pada konten perusahaan.
  • Integrasi dengan Aplikasi Windows : Kemampuan untuk mendapatkan file dari SharePoint menggunakan dialog File > Open yang terlihat di program Windows seperti Microsoft Office .
Dalam langkah cerdas, Microsoft juga mempertahankan konsep drive file lama, yang berarti Anda dapat membuka file Excel dari drive “X:” Anda, memodifikasinya, lalu menyimpannya, seperti sebelumnya. Namun, di latar belakang, SharePoint akan memeriksa file untuk Anda, lalu memeriksanya kembali dan versi untuk Anda. Semua fitur ini masih ada dan berfungsi dengan baik, tetapi SharePoint lebih dari sekadar drive file mewah saat ini.

Office 365 dan Platform Kolaborasi SharePoint

Ketika Google, Apple, DropBox, dan lainnya meningkatkan kemampuan layanan cloud mereka, Microsoft mengerjakannya sendiri. Layanan berbagi file baru bernama SkyDrive (sekarang OneDrive ) mengambil alih berbagi file sederhana. Dengan itu, SharePoint menjadi komponen penting dari produk Microsoft Office 365 , yang memasangkan kolaborasi berbasis cloud dengan akses berbasis langganan ke Office.
SharePoint adalah Platform Konten Web, tetapi tidak dengan WordPress atau Squarespace yang mungkin Anda kaitkan dengan istilah ini. Anda bisa menggunakan SharePoint untuk membuat halaman dan menerbitkannya sebagai situs web, tetapi Anda juga bisa membuat situs untuk tim departemen, lalu memasukkan Komponen Web ke dalamnya yang mungkin menyertakan blog dengan pengumuman, daftar anggota tim dari Exchange, perpustakaan dokumen, dan kisi data yang didorong oleh buku kerja Excel .
Sebagai CMS web yang menghadap publik, itu sudah memadai, tetapi sebagai intranet yang dapat menunjukkan bit data perusahaan, itu cukup keren.

Apa itu SharePoint Today?

SharePoint saat ini dibangun berdasarkan kekuatannya dan kompatibel dengan Windows , macOS , Android , iOS , dan browser web. Itu mempertahankan konsep yang sama dari “situs,” tetapi versi yang lebih baru memperkenalkan kemampuan untuk menambahkan aplikasi ke situs itu. Pengembang pihak ketiga bahkan memiliki pasar di mana mereka dapat menawarkannya sendiri.

Menambahkan Aplikasi ke Versi Modern SharePoint

SharePoint seperti home base untuk tim Anda, tempat Anda bisa mengumpulkan file, diskusi, pengumuman, dan segala bentuk kolaborasi lain yang dapat Anda bayangkan.

Cara Menggunakan SharePoint

  • SharePoint tersedia sebagai bagian dari Office 365, tetapi hanya untuk akun bisnis. Yang mengatakan, akun ini dapat dimiliki hanya dengan $ 5 / bulan.
  • Konsep sentral di SharePoint adalah Situs. Anda harus mengatur situs terlebih dahulu, kemudian Anda dapat menambahkan konten atau widget ke dalamnya.
  • Meskipun SharePoint dulunya adalah CMS seperti WordPress, tempat Anda memasukkan konten dan dipublikasikan ke situs web publik, versi Office 365 lebih umum digunakan sebagai ruang kolaborasi.

Tinggalkan komentar