in ,

Bagaimana cara memperbaiki masalah “Sayangnya Layanan Google Play telah berhenti”?

Layanan Google Play adalah salah satu hal yang kita butuhkan untuk membuat smartphone Android kita berfungsi dengan baik. Tetapi apakah layanan ini tiba-tiba berhenti berfungsi dan Anda melihat pesan di layar perangkat yang bertuliskan “Sayangnya Layanan Google Play telah berhenti“? Terkadang bisa sampai seperti ini. Apa yang biasanya menyebabkan masalah ini dan bagaimana kita dapat memperbaikinya sendiri baca di bawah dalam artikel ini.

Sayangnya Layanan Google Play telah berhenti

Apa yang bisa menyebabkan masalah ini?

Sebagian besar masalah dengan pekerjaan layanan Google Play Store biasanya karena dua penyebab potensial: masalah jaringan atau bug dalam perangkat lunak. Namun ada pengecualian untuk aturan ini. Yaitu, aplikasi Google Store (atau Play Store) ditautkan ke perangkat Android sedemikian rupa sehingga Google dapat merilis jenis peningkatan tertentu untuk perangkat tertentu. Namun, terkadang dapat terjadi bahwa Google membuang versi pemutakhiran yang salah untuk layanan Google Play untuk perangkat tertentu yang kemudian memiliki masalah kerja.

Apa yang harus dilakukan jika ini masalahnya?

mengukur ukuran layar ponsel

Untuk memulai – restart perangkat Anda

Pertama, solusi potensial paling sederhana dan solusi yang sangat sering dapat memecahkan banyak masalah adalah restart sederhana perangkat. Jika Anda melihat masalah dengan Layanan Google Play atau itu baru saja berhenti berfungsi, hal pertama yang harus Anda coba adalah memulai ulang perangkat Anda. Setelah Anda me-restart perangkat Anda, restart Google Play Store dan periksa jika ada kerusakan.
google-play-store

Tingkatkan Layanan Google Play Anda dan Google Play Store

Masalah dan kesalahan yang mungkin terjadi kadang-kadang mungkin muncul karena versi Google Play Store yang terletak di perangkat Anda “ketinggalan zaman” atau ketinggalan zaman. Demikian pula, itu bisa terjadi dengan layanan Google. Itu sebabnya selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa apakah suatu layanan atau aplikasi sudah usang dan apakah itu harus ditingkatkan jika ada beberapa kesalahan dalam pekerjaan.
Memutakhirkan Google Play Store dan layanan terkait adalah proses yang sangat sederhana. Inilah cara Anda dapat melakukannya:
  • Luncurkan Google Play Store, klik tombol menu (terletak di sudut atas, kiri, dan disorot dalam tiga garis horizontal).
  • Kemudian klik pada tab “Aplikasi & Game Saya” dan Anda akan melihat aplikasi dan layanan mana yang dapat ditingkatkan ke perangkat Anda. Jika tersedia, cari dan unduh versi terbaru Google Services Frameworka.
  • Langkah selanjutnya adalah membuka kembali menu di sebelah kiri dan klik “Pengaturan”. Di sini, gulir ke bawah hingga Anda mencapai kaki halaman dan klik “Versi Playstore”. Jika ada peningkatan yang tersedia untuk aplikasi Google Play Store, unduhlah.
  • Langkah terakhir adalah memulai ulang perangkat dan memulai ulang Google Play Store. Jika pesan kesalahan tidak lagi muncul, Anda telah menyelesaikan masalah. Jika masih muncul, pergi ke solusi (berpotensi) berikutnya.
wifi publik

Ubah jenis konektivitas internet

Pesan kesalahan yang berjalan dengan Google Play Store atau Google Play juga dapat muncul jika koneksi Internet yang terhubung dengan perangkat Anda berkualitas buruk. Terkadang Anda tidak akan melihat pesan ini sama sekali, tetapi dalam beberapa kasus tidak akan hilang sampai kualitas koneksi internet ditingkatkan. Selain itu, pesan seperti itu sering tahu cara “mengetuk” koneksi Wi-Fi yang buruk.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Koneksi Wifi Tidak ada Akses Internet

Akibatnya, jika Anda melihat pesan “Sayangnya, Layanan Google Play telah berhenti” dan Anda tahu bahwa penyebab masalah mungkin ada di jaringan, cukup ubahlah. Jika perangkat Anda terhubung ke Wi-Fi, lepaskan dan beralihlah ke lalu lintas data dan coba mulai kembali Google Play Store. Sebaliknya, hal yang sama berlaku.
Batasi waktu di jejaring sosial seluler

Ubah waktu dan tanggal pada perangkat Anda

Jika pengaturan waktu dan tanggal pada perangkat Anda salah, layanan Google Play tidak akan berfungsi sama sekali atau tidak akan berfungsi dengan baik. Bagaimana cara mengubah tanggal dan waktu di perangkat Android saya? Mudah.
  • Pergi ke “Pengaturan” atau di bawah “Pengaturan” dan klik “Sistem”.
  • Dalam opsi ini, pilih “Tanggal dan Waktu” dan sorot “Tanggal dan waktu otomatis”.

Hapus data layanan Google Play Anda


Aplikasi Google Play Store dan Google Play Services memiliki dukungan untuk aplikasi Google. Jika ada bug di aplikasi Google Play (apakah itu Toko atau Layanan atau layanan), yang mungkin membantu menyelesaikan masalah adalah menghapus semua data dan kemudian restart perangkat. Inilah cara Anda dapat melakukannya:
  • Pergi ke “Pengaturan – Aplikasi dan Pemberitahuan – Lihat Semua Aplikasi – Google Play Store” .
  • Setelah Anda mengklik aplikasi, pilih “Storage”.
  • Klik pada “Bersihkan data Penyimpanan” atau “Hapus data”. Ulangi proses ini dengan aplikasi Google Play Services dan cukup restart perangkat Anda di akhir.
google play store

Hapus (dan setel ulang) Akun Google Anda

Kadang-kadang mungkin terjadi bahwa perangkat Android memiliki masalah dengan menambahkan akun pengguna dengan benar, yang dapat menyebabkan kinerja layanan Google Play yang tidak benar. Jika ini adalah penyebab masalah maka menghapus dan menambahkan kembali Akun Google pengguna dapat menyelesaikan masalah ini. Inilah cara Anda dapat menghapus akun Google Anda:
  • Buka “Pengaturan” dan di bawah “Akun”.
  • Di sini, klik pada akun Google yang ingin Anda hapus dan kemudian klik “Hapus akun”. Nanti, tambahkan akun itu lagi dan periksa bagaimana kinerja Google Play Services sekarang.
Reset data pabrik

Buat pengaturan ulang pabrik di perangkat Android Anda

Reset pabrik akan mengembalikan perangkat pengguna ke keadaan di mana perangkat itu pada saat ditempatkan di pasar. Ini juga berarti bahwa semua aplikasi, data, dan semua yang pengguna miliki di perangkat mereka akan dihapus. Karena Anda tidak perlu kehilangan hal-hal yang Anda butuhkan sebelum melakukan reset pabrik, buat “backup” atau salinan semua yang Anda perlukan nanti dan lakukan reset pabrik.
Ingatlah bahwa pengaturan ulang pabrik adalah “garis pertahanan” terakhir yang dapat Anda lakukan sebagai pengguna dengan cara yang sah dan diizinkan untuk mencoba dan memperbaiki masalah perangkat keras dan perangkat lunak yang ada pada perangkat Anda. Jika Anda siap di sini, bagaimana Anda melakukan reset pabrik:
  • Pergi ke “Pengaturan – Sistem – Lanjutan – Opsi reset” pada perangkat Anda.
  • Pilih “Hapus semua data” atau “Reset Pabrik” (tergantung pada perangkat). Sekarang cukup ikuti instruksi yang akan muncul dan Anda akan melakukan reset pabrik.
Solusi kuat lain untuk masalah dengan layanan Google Play adalah menginstal beberapa alternatif Google Play Store yang ada. Tetapi ini memiliki sisi negatifnya sendiri. Bagaimanapun, saya harap Anda tidak akan memiliki masalah seperti itu, dan jika Anda melakukannya, Anda akan memiliki setidaknya satu dari solusi ini untuk menjadi solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Written by masarbi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

10 Aplikasi Editor Video Terbaik Gratis untuk Android

10 Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Yang Lemot