Cara Hapus Bloatware Xiaomi, Mudah dan Cepat

Masarbi.comCara Hapus Bloatware Xiaomi-Jika Anda baru saja membeli smartphone baru dari Xiaomi, Anda akan menemukan banyak aplikasi pra-instal yang tidak akan Anda gunakan. Brand ponsel Android sering berkolaborasi dengan pengembang aplikasi dan brand lain untuk memasang aplikasi sebelumnya di perangkat mereka. Aplikasi ini tidak hanya menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga di ponsel Anda, tetapi juga mengirim pemberitahuan push yang tidak diinginkan yang mengganggu Anda. Dalam posting ini, kita akan melihat cara menghapus aplikasi bloatware dari smartphone Xiaomi dan mengosongkan ruang penyimpanan.

Apa itu Bloatware?

Aplikasi default atau bloatware adalah aplikasi yang telah diinstal pada perangkat sejak awal atau telah ada sejak pertama kali dibeli. Biasanya ada aplikasi default yang aman jika dihapus dan beberapa di antaranya sensitif atau tidak disarankan untuk dihapus.

Cara Hapus Bloatware Xiaomi, Mudah dan CepatBloatware biasanya jarang digunakan dan biasanya menghabiskan ruang penyimpanan, memori, dan daya baterai. Aplikasi ini juga menggunakan data seluler atau Wi-Fi di latar belakang dan mengirimi Anda pemberitahuan yang tidak diinginkan. Di beberapa hp, aplikasi ini dapat dengan mudah dihapus, di ponsel lain, aplikasi ini hanya dapat dinonaktifkan tetapi tidak dapat sepenuhnya dihapus.

Cara Menonaktifkan Aplikasi yang tidak digunakan di Xiaomi MIUI

Ada beberapa cara untuk menghapus bloatware dari smartphone atau tablet Xiaomi Anda. Anda dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi. Saat Anda mencopot pemasangan aplikasi, itu benar-benar dihapus dari ponsel Anda. Di sisi lain, menonaktifkannya merusak kaki aplikasi, mencegahnya berjalan di latar belakang dan menguras daya.

Namun, ada beberapa kelemahan untuk menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Menghapus beberapa aplikasi pra-instal berpotensi menyebabkan ketidakstabilan sistem, dan Anda tidak akan dapat menginstal ulang aplikasi ini dengan cepat. Pada smartphone Xiaomi yang lebih baru (menjalankan MIUI 12 atau lebih baru), ini mungkin tidak dapat dilakukan. Berikut adalah cara menonaktifkan aplikasi di smartphone Xiaomi Anda.

  • Buka Google Play Store dan cari Hidden Setting MIUI. Atau, Anda dapat mengklik di sini untuk mengakses aplikasi yang sama.
  • Pilih aplikasi yang dikembangkan oleh Yunus Ceyhan, dan tekan install.
  • Buka aplikasi Hidden Setting MIUI di ponsel Anda dan buka Pengaturan > Kelola aplikasi di menu Pengaturan. Ini akan membuka menu pengaturan MIUI tersembunyi di mana Anda dapat menonaktifkan aplikasi.
  • Dari daftar aplikasi yang dapat diakses, pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan.
  • Di bawah bagian Informasi Aplikasi dari aplikasi tertentu, klik tombol “Nonaktifkan” dan pilih “Nonaktifkan Aplikasi”.

Baca juga: 2 Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 5A, Anti Gagal !!

Cara Menghapus Bloatware Hp Xiaomi [Tanpa Akses Root]

Bergantung pada merek ponsel , proses untuk menghapus instalan bloatware mungkin berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Sementara beberapa aplikasi dapat dihapus hanya dengan beberapa klik, yang lain, seperti kalkulator bawaan atau aplikasi telepon, mungkin memerlukan beberapa langkah lagi.

Metode 1: Hapus Aplikasi yang Tidak Dapat Dihapus

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda hapus, seperti aplikasi Android lainnya. Misalnya, Anda mungkin dapat menghapus instalan bloatware seperti Helo dan Opera Browser. Berikut adalah cara menghapus aplikasi dari smartphone Xiaomi Anda.

  • Ketuk dan tahan ikon aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Anda akan melihat dua pilihan: “Informasi Aplikasi” dan “Bagikan”. Pilih Informasi Aplikasi dari daftar.
  • MIUI akan membawa Anda ke halaman info aplikasi untuk aplikasi tersebut. Pilih Uninstall dan tekan OK.

Dengan ini, aplikasi yang dipilih serta semua file yang terkait dengannya akan dihapus dari ponsel Anda.

Metode 2: Gunakan ADB dan Fastboot

ADB (Android Debug Bridge) mungkin dapat membantu Anda jika Anda menganggap kumpulan aplikasi tertentu sebagai bloatware tetapi tidak dapat menghapus atau menonaktifkannya melalui pengaturan. Berikut cara menggunakan ADB untuk memaksa uninstall aplikasi sistem. Anda akan memerlukan komputer Windows untuk menggunakan metode ini. Kami menyarankan Anda mengambil cadangan penuh sebelum mengotak-atik ADB dan executable baris perintah.

Menghapus instalasi beberapa aplikasi sistem dapat berisiko karena Anda mungkin akhirnya menginstal perangkat. Disarankan untuk tidak mengganggu aplikasi dasar seperti kamera internal, panggilan, dan aplikasi perpesanan. Hanya mencopot pemasangan aplikasi bloatware adalah pilihan yang baik.

  • Buka Pengaturan > Tentang ponsel di ponsel  Xiaomi Anda dan ketuk Versi MIUI tujuh kali untuk mengaktifkan opsi Pengembang atau developer options
  • Pastikan Anda telah menyiapkan ADB di komputer Anda dan siap digunakan. Jika Anda belum mengunduh Alat Platform SDK Android untuk Windows, macOS atau Linux dan lanjutkan.
  • Navigasikan ke direktori atau folder tempat ADB diinstal dan buka jendela perintah/terminal baru. Di Windows, ini dapat dicapai dengan menahan tombol Shift, mengklik kanan di ruang kosong dan memilih Buka di Terminal Windows. pengguna macOS dapat melakukan ini dengan membuka jendela terminal baru dan melanjutkan ke jalur dengan perintah cd.
  • Hubungkan hp Anda ke komputer dengan kabel USB, ketik adb devices di baris perintah, dan tekan Enter. Jika Anda menggunakan ADB untuk pertama kalinya di ponsel Anda, Anda akan melihat popup yang meminta izin. Terima izin dan lanjutkan.
  • Jalankan kembali perintah adb devices, dan jika koneksi berhasil, Anda akan melihat serangkaian karakter yang mewakili nomor seri ponsel Anda; Jika ini masalahnya, Anda baik untuk pergi.
✔️  Cara Hapus Cache Aplikasi dan Chrome di Google Pixel 3

cara menggunakan ADB

  • Kemudian, dari command prompt, ketik adb shell. Untuk mengambil daftar semua paket Xiaomi, jalankan pm | .list package grep “xiaomi”.
  • Terakhir, untuk menghapus instalasi aplikasi sistem dari smartphone Xiaomi, gunakan perintah berikut: pm uninstall -k —user 0 PackageName. Anda perlu mengganti PackageName dalam perintah ini dengan nama lengkap paket aplikasi yang Anda lihat di daftar paket Xiaomi di langkah 6. Anda harus menjalankan perintah untuk setiap aplikasi yang ingin Anda hapus dari hp Anda.

uninstall adb xiaomi

Jika Anda ingin menginstal ulang paket pada ponsel Anda melalui baris perintah, ikuti langkah-langkah ini.

  1. Sambungkan kembali ponsel Anda ke komputer, buka jendela perintah di folder ADB, dan ketik adb shell di prompt perintah.
  2. Untuk menginstal package yang ada, ketik nama package yang diinstal saat ini dan tekan enter.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader (Ubl) Xiaomi Redmi Note 5 & 5 Pro Terbaru

Metode 3: Gunakan Tool Xiaomi ADB / Fastboot

Jika perintah baris perintah atau perintah ADB tidak cocok untuk Anda, Anda dapat memeriksa program yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga yang menyederhanakan prosedur dengan menyediakan antarmuka pengguna grafis. Berikut adalah cara menghapus aplikasi bawaan dari smartphone Xiaomi menggunakan alat Xiaomi ADB / Fastboot.
Pengguna dapat menggunakan Xiaomi ADB/Fastboot Tools untuk menghapus, menginstal ulang, menonaktifkan, dan mengaktifkan kembali aplikasi dan layanan sistem sesuai permintaan. ADB juga dapat digunakan untuk mentransfer file antara perangkat dan komputer, dan melewati pengaturan DPI untuk menyesuaikan kepadatan layar. Kemampuan lain termasuk kemampuan untuk mengesampingkan resolusi layar dan pengaturan tampilan, mengakses banyak data dan informasi tentang perangkat Anda, mem-flash partisi apa pun dengan gambar, mem-boot ke gambar apa pun atau mem-flash ROM Fastboot, menghapus cache, dan melakukan reset pabrik.

  • Buka Github, dan unduh versi terbaru Xiaomi ADB / Fastboot Tools untuk PC Anda.
  • Hubungkan perangkat Anda dan buka aplikasi Xiaomi Tools di PC Anda
  • Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan ADB di ponsel Anda, perangkat akan meminta Anda untuk mengotorisasinya. Terima authorization dan tindak lanjuti rencana Anda. Selanjutnya, Anda akan melihat program yang mengidentifikasi perangkat Anda dan menampilkan nomor seri
  • Pilih program yang ingin Anda hapus instalasinya setelah terhubung. Uninstaller dapat ditemukan di bawah ADB > Uninstaller
  •  Klik “Uninstall” dan Anda selesai dengan proses ini.

Proses untuk menginstal ulang, menonaktifkan, atau mengaktifkan aplikasi persis sama. Buka menu spesifik di bawah alat, pilih aplikasi dan klik tombol.

catatan: Masarbi tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan pada ponsel anda. Metode yang ditunjukkan di situs ini tidak diuji untuk setiap ponsel, jadi cobalah dengan resiko anda sendiri.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader (Ubl) Xiaomi Xiaomi Mi 9 (CEPHEUS) Terbaru

Nah itulah tadi ulasan artikel mengenai Cara Hapus Bloatware Xiaomi. Mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya teman.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA