Cara Install VPN di berbagai Windows Dengan Mudah

Dengan koneksi VPN, Anda dapat melindungi data agar tidak terlihat atau bahkan dimanipulasi oleh penyerang potensial. Paling umum, layanan VPN digunakan oleh individu yang ingin berselancar di privasi rumah mereka sendiri atau di domain publik, atau oleh karyawan perusahaan yang dapat terhubung secara aman dari jarak jauh ke jaringan perusahaan mereka.

Dalam kebanyakan kasus, koneksi VPN ditangani oleh perangkat lunak khusus atau perangkat lunak pihak ketiga generik seperti klien OpenVPN atau Cisco AnyConnect.

Instal vpn di windows


Opsi lain adalah klien VPN Microsoft yang didukung dan diintegrasikan oleh sebagian besar jaringan pribadi virtual. Ini sangat berguna jika VPN yang digunakan tidak menyediakan kliennya sendiri atau Anda ingin menggunakan protokol VPN yang tidak didukung oleh klien VPN Anda.

Kerugian menggunakan klien terintegrasi adalah Anda harus terlebih dahulu memilih server tertentu untuk digunakan alih-alih dapat beralih bolak-balik antara situs seperti yang Anda lakukan dengan layanan VPN komersial. Di sisi lain, sebagian besar VPN yang disediakan perusahaan hanya menyediakan sejumlah server yang dapat Anda sambungkan, yang menjadikan penggunaan ideal klien Microsoft.

Cara Untuk install VPN di Windows 10


Langkah 1: Klik pada bilah pencarian Cortana atau tombol di baki sistem dan masukkan “VPN”.
Langkah 2: Hal pertama yang harus Anda pilih adalah “Ubah Jaringan Pribadi Virtual (VPN)”. Atau, buka aplikasi “Pengaturan” dan kemudian buka tab “VPN” secara manual melalui “Jaringan & Internet”.
Langkah 3: Klik pada “Tambahkan koneksi VPN” yang ditunjukkan di atas di aplikasi “Pengaturan”.
Cara Untuk install VPN di Windows 10

Langkah 4: Sekarang masukkan detail untuk koneksi VPN Anda pada layar yang muncul. Di bawah Penyedia VPN, klik menu tarik-turun dan pilih Windows (bawaan). Ini akan mengubah “Jenis VPN” menjadi “Otomatis” dan “Jenis kredensial” menjadi “Nama Pengguna dan Kata Sandi”.
Langkah 5: Selanjutnya, masukkan “nama koneksi” dan “nama server atau alamat server”. Ini bervariasi tergantung pada penyedia VPN Anda – apakah itu layanan pihak ketiga atau majikan Anda. Dalam contoh ini, kami menggunakan AceVPN, layanan VPN tanpa klien yang mendukung berbagai jenis koneksi, seperti IKEv2, L2TP, dan PPTP.

Langkah 6: Gulir ke bawah dan Anda akan melihat bahwa Anda dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk VPN, yang pada gilirannya akan disediakan oleh masing-masing layanan VPN Anda. Setelah Anda memasukkannya, klik “Simpan” dan tutup aplikasi “Pengaturan”.
Langkah 7: Klik ikon Wi-Fi di baki sistem dan pilih koneksi VPN yang baru Anda buat, yang akan muncul di bagian atas daftar. Klien sekarang harus secara otomatis memulai koneksi, dan jika semuanya berfungsi dengan baik, proses koneksi harus relatif cepat.

Proses di atas berfungsi untuk jenis koneksi VPN yang lebih sederhana seperti PPTP dan L2TP, tetapi jika Anda ingin menggunakan IKEv2, Anda harus menginstal sertifikat root terlebih dahulu dari penyedia VPN Anda. Perhatikan bahwa tidak setiap layanan mendukung IKEv2. Oleh karena itu, menggunakan metode ini sangat bergantung pada penyedia layanan VPN atau perusahaan Anda.

Cara Untuk menginstal sertifikat IKEv2 di Windows 10


Pertama, unduh sertifikat IKEv2 dari penyedia VPN Anda ke desktop Anda atau lokasi lain yang nyaman. Selanjutnya, klik dua kali file sertifikat dan peringatan keamanan akan muncul. Kemudian klik “Open”.
Di jendela berikutnya, klik “Instal Sertifikat”.
Sekarang kita telah tiba di Wisaya Impor Sertifikat. Pilih tombol radio Komputer Lokal dan klik Berikutnya.
Pada layar berikutnya, pastikan Anda memilih tombol radio “Tempatkan semua sertifikat di lokasi berikut” dan klik “Jelajahi …”
Sekarang jendela yang lebih kecil terbuka dengan pohon folder. Pilih Otoritas Sertifikasi Akar Tepercaya, lalu klik OK. Kembali di Wisaya Impor Sertifikat, klik “Berikutnya.”
Bagian yang sulit sudah berakhir sekarang. Di jendela berikutnya cukup klik pada “Selesai” dan kemudian di jendela yang lebih kecil pada “OK”.

Sekarang setelah sertifikat diinstal, kita dapat instal VPN IKEv2 menggunakan petunjuk langkah-demi-langkah di atas. Pastikan Anda memilih IKEv2 di bawah “Jenis VPN” dan kemudian gunakan nama server, alamat, dan nama pengguna dan kata sandi penyedia layanan Anda.

Setelah terhubung ke VPN, periksa apakah berfungsi dengan mengunjungi howistmeineip.at. Di sini Anda akan melihat alamat IP dan server DNS yang berbeda dari status non-VPN Anda. Jika ini bukan masalahnya, ada sejumlah kemungkinan penyebab yang sayangnya tidak dapat kami tangani di sini. Yang terbaik adalah menghubungi departemen IP perusahaan Anda atau layanan dukungan klien VPN Anda.

Namun, solusi sederhana dan umum untuk masalah IKEv2 adalah klik kanan ikon Wi-Fi atau Ethernet Anda di baki sistem dan pilih Open Network and Sharing Center dari menu pintasan. Kemudian, di sisi kiri, klik Ubah Pengaturan Adaptor, klik kanan nama koneksi VPN Anda, lalu klik Properti> Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)> Properti> Lanjutan … “>” Pengaturan IP “. Aktifkan “Gunakan gateway default pada jaringan jarak jauh” dan klik “OK”. Tutup semua jendela dan coba lagi wieistmeineip.at.

Cara Untuk Install VPN di Windows 7


Langkah 1: Klik pada tombol “Start”. Masukkan VPN di bilah pencarian, lalu pilih “Siapkan koneksi VPN”.
Langkah 2: Masukkan alamat IP atau nama domain server yang ingin Anda sambungkan. Jika Anda ingin terhubung ke jaringan perusahaan, administrator TI Anda dapat memberi Anda alamat yang diperlukan.
Langkah 3: Jika Anda mengatur koneksi tetapi tidak ingin terhubung, pilih “Jangan terhubung sekarang”; jika tidak biarkan bidang itu kosong dan klik “Berikutnya”.
Langkah 4: Di jendela ini, Anda dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi atau membiarkannya kosong. Anda kemudian akan diminta lagi selama koneksi yang sebenarnya. Klik pada “Hubungkan”.
Langkah 5: Untuk terhubung, klik logo Windows Network di sudut kanan bawah taskbar. Kemudian pilih “Hubungkan” di bawah “Koneksi VPN”.
Langkah 6: Masukkan domain dan kredensial yang sesuai di bidang “Gunakan koneksi VPN”. Kemudian klik “Hubungkan”.
Langkah 7: Jika Anda tidak dapat terhubung, masalahnya mungkin karena konfigurasi server (Ada beberapa jenis VPN.) Hubungi administrator jaringan Anda untuk melihat jenis VPN apa yang sedang digunakan (misalnya, PPTP ), dan pada layar Connect VPN Connection, pilih Properties.

Langkah 8: Navigasi ke tab Keamanan dan pilih “Jenis VPN” spesifik dari menu drop-down. Untuk ini, Anda mungkin perlu menghapus centang opsi “Sertakan domain masuk Windows” di bawah “Opsi”. Kemudian klik “OK” dan “Hubungkan”.

Tinggalkan komentar