Cara membuat screenshots di Windows 10 menggunakan “Fragment and Sketch”

Posted on

Dimulai dengan pembaruan Oktober 2018, Windows 10 meningkatkan kinerjanya untuk membuat screenshots dengan aplikasi Fragmen dan Sketsa baru , yang menggabungkan Alat Potongan yang ketinggalan zaman dengan Sketsa Layar (sebelumnya termasuk dalam Windows Ink Workspace).

Akibatnya, Anda mendapatkan kemampuan untuk membuat dan mengomentari screenshots desktop, aplikasi, dan game Anda tanpa memerlukan alat pihak ketiga, serta aplikasi yang akan sering diperbarui melalui Microsoft Store.

Dalam tutorial Windows 10 ini, kami akan menjelaskan cara memulai dengan aplikasi Fragmen dan Sketsa baru untuk mengambil screenshots dari pembaruan Oktober 2018.

Menggunakan aplikasi “Fragmen dan sketsa”, kita dapatkan di Windows 10 setidaknya tiga cara untuk membuat tangkapan layar:
Menggunakan aplikasi Fragmen dan Sketsa

Cara termudah untuk mengakses alat adalah meluncurkan aplikasi Fragmen dan Sketsa dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Buka Mulai .
Temukan “Fragmen dan sketsa” , klik pada hasil yang cocok.
Klik tombol Buat di sudut kiri atas.

Pilih jenis fragmen yang ingin Anda gunakan, termasuk:

  • Potong persegi panjang.
  • Memotong bentuk apa pun.
  • Cuplikan layar penuh.
  • Ambil tangkapan layar.

Menggunakan tombol pusat aksi cepat

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar untuk dimasukkan ke dalam dokumen , Anda dapat menggunakan tombol Screenshot baru dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Buka Pusat Aksi .

Tip : Gunakan pintasan keyboard Win + A atau klik tombol Action Center di area notifikasi untuk membuka antarmuka.

Klik tombol Expand .
Klik tombol “Layar Fragmen” .

Pilih jenis fragmen yang ingin Anda gunakan, termasuk:

  • Potong persegi panjang.
  • Memotong bentuk apa pun.
  • Cuplikan layar penuh.
  • Ambil tangkapan layar .

Menggunakan Tombol Print Screen

Jika Anda mengaktifkan opsi ini, Anda dapat mengambil screenshot di Windows 10 menggunakan tombol Print Screen .

Klik tombol Print Screen .

Dewan . Atau, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Win + Shift + S untuk membuka bilah alat.

Pilih jenis fragmen yang ingin Anda gunakan:

  • Potong persegi panjang.
  • Memotong bentuk apa pun.
  • Cuplikan layar penuh.

Ambil screenshots layar.

Tidak seperti menggunakan Snip & Sketsa secara langsung, ketika Anda menggunakan tombol Screenshot atau tombol Print Screen, tangkapan layar akan disalin ke clipboard. Jika Anda ingin memberi anotasi sebuah fragmen atau menyimpannya ke file, Anda harus mengklik pemberitahuan Snip & Sketsa di Pusat Tindakan.

Cara mengaktifkan tombol Print Screen untuk Snip & Sketch

Anda juga dapat memanggil alat pembuat screenshot menggunakan tombol Print Screenpada keyboard, tetapi Anda harus mengaktifkan opsi ini secara manual dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Pengaturan .
  • Klik pada Fitur Khusus .
  • Buka tab Keyboard .
  • Di bagian “pintasan Keyboard: Cetak Layar” aktifkan Gunakan tombol Print Screen untuk memulai pembuatan fragmen layar .

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat menekan tombol Print Screen pada keyboard Anda untuk mengambil screenshot di Windows 10.

Bagaimana cara mengomentari screenshots Snip & Sketch

Selain kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat di Windows 10 , aplikasi ini menyertakan sejumlah alat untuk membuat anotasi gambar dengan cara apa pun yang nyaman bagi Anda.

Setelah Anda mengambil tangkapan layar, gambar akan terbuka di Snip & Sketch. Dalam prosesnya, Anda dapat menggunakan sejumlah alat untuk mengomentari tangkapan layar, termasuk pulpen, pensil, dan spidol. Untuk semua, Anda dapat menyesuaikan warna dan ketebalan.

Selain itu, ada penghapus untuk menghapus satu atau semua prasasti dari tangkapan layar. Anda dapat menggunakan penggaris digital untuk menggambar garis lurus, dan ada alat trim untuk memangkas kelebihannya.

Alat-alat ini telah dioptimalkan untuk bekerja dengan stylus pada perangkat layar sentuh, tetapi mereka juga bekerja dengan keyboard dan mouse.

Di sudut paling kanan Anda akan menemukan opsi untuk menyimpan sebuah fragmen dalam format PNG. Anda juga dapat menggunakan tombol salin untuk menyalin gambar ke clipboard, dan kemudian Anda bisa menempelkannya ke dokumen apa pun.

Terakhir, ada tombol Bagikan, yang memungkinkan Anda mengirim tangkapan layar ke orang lain melalui email, berbagi , atau aplikasi lain yang didukung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *