Cara membuka dan mengedit file JPG atau JPEG di Windows

File JPG atau JPEG adalah file gambar. Alasan mengapa beberapa file gambar JPEG menggunakan ekstensi JPG dan yang lain menggunakan JPEG dijelaskan di bawah ini, tetapi terlepas dari ekstensi, kedua file memiliki format yang sama.

File JPG banyak digunakan karena algoritma kompresi mereka secara signifikan mengurangi ukuran file, menjadikannya ideal untuk berbagi, menyimpan, dan menampilkan di situs web. Namun, kompresi JPEG ini juga mengurangi kualitas gambar, yang dapat terlihat jika sangat dikompresi.

Beberapa file gambar JPEG menggunakan ekstensi .Jpe, tetapi ini tidak terlalu umum. JFIF adalah file format pertukaran file JPEG yang juga menggunakan kompresi JPEG, tetapi tidak sepopuler file JPG.

Cara Membuka File JPG / JPEG

Anda dapat membuka file JPG menggunakan browser web, seperti Chrome atau Edge(seret file JPG lokal ke jendela browser) atau firmware Microsoft seperti Paint, Microsoft Windows Photos dan Microsoft Windows Photo Viewer. Jika Anda menggunakan Mac, Pratinjau Apple dan Foto Apple dapat membuka file JPG.

Adobe Photoshop, GIMP, dan hampir semua program lain yang melihat gambar, termasuk layanan online seperti Google Drive, juga mendukung file JPG.

Perangkat seluler juga mendukung pembukaan file JPG, yang berarti Anda dapat melihatnya di email dan melalui pesan teks tanpa harus menginstal aplikasi penampil JPG tambahan.

Beberapa program tidak mengenali gambar sebagai file Gambar JPEG, kecuali jika file tersebut memiliki ekstensi file yang sesuai dengan yang dicari oleh program tersebut. Misalnya, beberapa editor gambar dan pemirsa hanya akan membuka file .JPG dan tidak akan mengerti bahwa .JPEG adalah sama. Dalam kasus ini, Anda cukup mengganti nama file untuk mendapatkan ekstensi file yang dimengerti oleh program.

Beberapa format file menggunakan ekstensi file yang terlihat seperti file .JPG tetapi sebenarnya tidak terkait. Contohnya termasuk JPR (Proyek JBuilder atau Proyeksi Fugawi), JPS (Stereo JPEG Image atau Akeeba Backup Archive) dan JPGW (JPEG World).

Cara mengonversi file JPG / JPEG

Ada dua cara utama untuk mengonversi file JPG . Anda dapat menggunakan penampil / editor gambar untuk menyimpannya dalam format baru (asalkan fungsi tersebut didukung) atau menambahkan file JPG ke program konversi gambar .

Misalnya, FileZigZag adalah konverter JPG online yang dapat menyimpan file dalam sejumlah format lain, termasuk PNG, TIF / TIFF, GIF, BMP, DPX, TGA, PCX dan YUV.

Anda bahkan dapat mengonversi file JPG ke format MS Word, seperti DOCX atau DOC dari Zamzar , yang mirip dengan FileZigZag karena mengkonversi file JPG online. Ini juga menyimpan JPG ke ICO, PS, PDF dan WEBP, di antara format lain.

Jika Anda hanya ingin menyisipkan file JPG ke dokumen Word, Anda tidak perlu mengonversi file ke MS Word. Sebagai gantinya, gunakan menu Word bawaan: Sisipkan → Gambar untuk menghubungkan JPG langsung ke dokumen, bahkan jika Anda sudah memiliki teks.

Buka file JPG di Microsoft Paint dan gunakan menu File → Save As untuk mengubahnya menjadi BMP, DIB, PNG, TIFF, dll. Pemirsa lain dan editor JPG yang disebutkan di atas mendukung opsi menu yang sama dan format file output.

Menggunakan layanan web Convertio adalah salah satu cara untuk mengkonversi JPG ke EPS jika Anda ingin file gambar berada dalam format ini. Jika itu tidak berhasil, Anda dapat mencoba AConvert.com.

Terlepas dari namanya, situs web Online PNG ke SVG Converter juga dapat mengkonversi file JPG ke format gambar SVG.

Jika Anda memiliki file PDF dan ingin membuat JPG / JPEG dari file tersebut, coba PDF.io

Apa perbedaan antara JPG dan JPEG?

Saya bertanya-tanya apa perbedaan antara jpeg dan jpg? Format file identik , tetapi ada surat tambahan di salah satu ekstensi. Sebenarnya … ini adalah satu-satunya perbedaan.

JPG dan JPEG adalah format gambar yang didukung oleh tim ahli foto bersama, dan memiliki arti yang sama. Penyebab berbagai ekstensi file terkait dengan versi Windows sebelumnya yang tidak menerima ekstensi “panjang”.

Situasinya mirip dengan HTM dan HTML, ketika format JPEG pertama kali diperkenalkan, ekstensi file resmi adalah JPEG (dengan empat huruf). Namun, Windows pada saat itu mensyaratkan bahwa semua ekstensi file tidak melebihi tiga huruf, itulah sebabnya. JPG digunakan untuk format yang sama. Komputer Mac, bagaimanapun, sudah tidak memiliki batasan seperti itu.

Terjadi bahwa kedua ekstensi file digunakan di kedua sistem, dan kemudian Windows mengubah persyaratannya untuk menerima ekstensi file yang lebih lama, tetapi JPG masih digunakan. Oleh karena itu, file JPG dan JPEG didistribusikan dan terus dibuat.

Meskipun kedua ekstensi file ada, formatnya persis sama, dan salah satunya dapat diubah namanya menjadi yang lain tanpa kehilangan kualitas dan fungsionalitas.

Tinggalkan komentar