Cara mengekstrak file .tar.gz dengan cepat di Windows 10

File menggunakan format .tar.gz adalah file yang telah dibuat menggunakan tar aplikasi arsip berbasis Unix dan kemudian dikompres menggunakan kompresi gzip  . File-file ini sering disebut sebagai “tarballs,” dan meskipun Anda dapat menemukannya dengan ekstensi ganda (.tar.gz), ekstensi tersebut juga dapat disingkat menjadi .tgz atau .gz.

Cara mengekstrak file .tar.gz dengan cepat di Windows 10


Biasanya, file tar biasanya digunakan oleh pengguna Ubuntu dan macOS untuk arsip data dan cadangan, tetapi kadang-kadang pengguna Windows 10 juga dapat menemukan jenis file ini dan mungkin perlu mengekstrak isinya.

Meskipun Anda dapat menggunakan sejumlah aplikasi pihak ketiga seperti 7-Zip dan PeaZip , kadang-kadang aplikasi ini tidak cocok dengan file yang dibuat pada platform lain, dan mereka lambat untuk mengompresi sejumlah besar file. Namun,  Windows 10menyertakan dukungan asli untuk tar yang dapat Anda gunakan dengan Command Prompt untuk mengekstrak file-file ini. Juga, Anda bahkan dapat menggunakan Subsistem Windows untuk Linux (WSL) yang membawa dukungan asli untuk Ubuntu , Fedora, dan SUSE , dan oleh karena itu Anda juga dapat mengakses banyak alat Linux, termasuk tar untuk dengan cepat mengekstraksi konten dari tarballs.

Dalam panduan ini , Anda akan mempelajari langkah-langkah untuk menggunakan perintah tar asli pada Windows 10 menggunakan Command Prompt dan Ubuntu untuk mengekstrak konten file .tar.gz.

Cara mengekstrak tar .tar.gz, .tgz, atau .gz menggunakan tar di Windows 10


Gunakan langkah-langkah ini untuk mengekstrak file .tar.gz, .tgz, .gz dan .zip menggunakan tar di Windows 10 tanpa perlu menginstal Subsistem Windows untuk Linux:
  1. Buka Mulai .
  2. Cari Command Prompt , klik kanan hasil pertama dan pilih opsi Run as administrator .
  3. Ketik perintah berikut untuk menggunakan tar untuk mengekstrak file dan tekan Enter :tar -xvzf C: PATH TO FILE FILE-NAME.tar.gz -CC: PATH TO FOLDER EXTRACTIONDukungan tar asli pada Windows 10Kiat cepat: Karena Anda menggunakan tar pada Windows 10, Anda tidak perlu menentukan path seolah-olah Anda menjalankan Linux. Anda cukup menggunakan format jalur yang digunakan oleh Windows.
Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah, setelah beberapa saat, Anda akan memiliki semua file dan folder diekstraksi ke jalur tujuan yang Anda tentukan.
Diasumsikan bahwa Anda mengekstrak tarball yang dibuat di sistem lain, oleh karena itu kami melewatkan beberapa argumen yang biasanya diperlukan untuk mempertahankan izin, yang pada Windows 10 tidak diperlukan untuk mengakses file. 

Cara mengekstrak tar .tar.gz, .tgz, atau .gz menggunakan tar di Linux pada Windows 10


Untuk menggunakan tar di Linux, Anda perlu menginstal distro (seperti Ubuntu) dengan mengaktifkan Subsistem Windows untuk Linux (WSL) menggunakan pengalaman Fitur Windows, dan kemudian menginstal Ubuntu dari Microsoft Store.

Setelah Anda menginstal Ubuntu pada Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut untuk mengekstrak file .tar.gz :Penting: Dimulai dengan versi 1803 , alat perintah tar datang ke dalam Windows 10, yang berarti bahwa penggunaan Windows Subsystem untuk Linux tidak lagi diperlukan untuk menggunakan alat ini.
  1. Buka Mulai .
  2. Cari Ubuntu dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
  3. Ketik perintah berikut untuk mengekstrak konten file .tar.gz dan tekan Enter :sudo tar -xvzf /mnt/c/PATH/TO/TAR-FILE/Desktop/FILE-NAME.tar.gz -C / mnt / c / PATH / TO / DESTINATION / FOLDERPerintah tar pada Windows 10Kiat cepat: Jika hanya file .tar , Anda dapat menggunakan perintah yang sama seperti dijelaskan di atas, tetapi jangan sertakan argumen z .
Pada perintah di atas, kita ketik sudountuk menjalankan aplikasi sebagai administrator,taruntuk memanggil aplikasi, dan kemudian kita memberi beberapa argumen, termasuk:
  • x – menginstruksikan tar yang ingin Anda ekstrak konten.
  • v – verbose. Ini adalah argumen opsional untuk menampilkan proses ekstraksi. Jika tidak, Anda hanya akan melihat kursor berkedip sampai proses selesai.
  • z – memberitahu tar untuk mengekstrak konten file .tar.gz dengan gzip.
  • f – menginstruksikan tar nama file yang akan Anda ekstrak.
Maka Anda perlu menentukan jalur file tarball yang ingin Anda ekstrak. Anda akan melihat bahwa jalannya dimulai /mnt/c/, alih-alih c:, dan ini karena kita sebenarnya bekerja di dunia Linux.

-C – (tanda hubung dan huruf kapital C ) digunakan untuk memberitahu tar untuk mengubah folder. Saat Anda menjalankan perintah, Anda mulai di folder sumber, dan kemudian Anda perlu menentukan folder tujuan, yang merupakan jalur yang kami tentukan untuk menyelesaikan perintah. Anda dapat mengekstrak file ke folder apa pun yang Anda inginkan, tetapi ingat untuk memulai path dengan /mnt/diikuti oleh path Windows.

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan huruf besar dan kecil saat mengetik perintah di Linux karena Desktop tidak sama dengan  desktop .

Dalam panduan ini, kami melihat langkah-langkah dasar untuk melakukan tugas tertentu, jika Anda bukan pengguna Linux, ada banyak lagi yang bisa dipelajari tentang tar.

Tinggalkan komentar