in

6 Cara Mengganti Ban Mobil Dengan Mudah Untuk Pemula

6 Cara Mengganti Ban Mobil Dengan Mudah Untuk Pemula
6 Cara Mengganti Ban Mobil Dengan Mudah Untuk Pemula

Cara Mengganti Ban Mobil Mengganti ban mobil sebenarnya bukan perkara sulit apalagi untuk pemula. Selama ada peralatan yang dibutuhkan dan tahu bagaimana cara memutar baut, teknik mengganti ban bisa dipelajari dengan cepat. Namun bagi Anda yang masih bingung tentang cara mengganti ban mobil, berikut telah saya rangkum tips mengganti ban mobil yang benar.

Advertising
Advertising

Sayangnya, terkadang pengguna mobil harus menghadapi kejadian-kejadian yang tak diinginkan selama perjalanan. Sehingga menimbulkan gangguan pada ban mobil. Kondisi terburuk, misalnya ban mobil mengalami kebocoran dan mesti diganti saat itu juga.

Untuk cara mengganti ban mobil tidak memerlukan skill yang khusus. Pasalnya cara yang akan saya beritahukan ini sangat mudah untuk dipraktekkan untuk pemula. Jadi jangan takut untuk mencoba sendiri mengganti ban mobil. Karena jika cara mengganti mobil yang flikermania lakukan dengan benar. Maka flikermania akan aman dan bisa mengganti ban mobil sendiri. Kalau tidak mencoba maka flikermania tidak bisa mengetahui cara mengganti ban mobil yang aman dan benar.

Cara Mengganti Ban Mobil

Baca Juga: 3 Cara Mengganti Font Xiaomi Tanpa Root

Peralatan ganti ban mobil yang diperlukan

Sebelum benar-benar melakukan penggantian ban mobil, pastikan Anda menyiapkan daftar peralatan yang diperlukan, seperti di bawah ini:

1. Kunci roda

kunci roda berguna untuk membuka baut-baut pada roda mobil. Mayoritas produsen kendaraan roda empat telah menyediakan kunci roda untuk mobil-mobil yang dipasarkannya. Biasanya, kunci roda terletak di bagasi mobil. Penempatannya sering kali menjadi satu dengan dongkrak.

2. Dongkrak

Sama pentingnya dengan kunci roda, dongkrak juga sangat dibutuhkan saat Anda hendak mengganti ban. Dongkrak berfungsi mengangkat body mobil dan menahannya selama Anda melakukan proses bongkar pasang ban mobil.

3. Ban Serep

Ban serep atau cadangan ialah ban yang akan Anda gunakan sebagai pengganti ketika mobil anda mengalami kebocoran. Penting diingat, ada dua jenis ban serep. Pertama, ban serep space saver. Ban serep semacam ini punya ukuran lebih kecil dari ban utama. Sesuai namanya, ban serep space saver digunakan untuk menghemat ruang penyimpanannya di dalam mobil. Selain itu ialah ban cadangan biasa dengan ukuran serupa dengan ban utama.

Setelah semua peralatan siap, Anda bisa mulai melakukan proses ganti ban dengan tutorial ganti ban mobil yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Artikel lainnya: Cara Root Dan Install Twrp Realme 6 Pro 100% Berhasil

6 Cara Mengganti Ban Mobil Dengan Benar

Penting untuk diperhatikan bahwa sebelum mengganti ban mobil bocor atau rusak dengan ban mobil baru. Maka alangkah baiknya untuk anda ditemani dengan yang sudah ahli atau orang dekat untuk mengawasi proses mengganti ban mobil. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

1. Cara mengganti ban mobil, mulai dengan kendurkan baut ban

Cara Mengganti Ban Mobil

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah mengenderukan baut ban yang akan diganti. Untuk melakukan hal tersebut, Anda membutuhkan kunci roda.

Lakukan dengan cara memutar baut roda berlawanan dengan arah jarum jam. Pada tahap ini, Anda perlu mengendurkan semua baut roda. Namun, tak perlu sampai terlepas. Apalagi sampai mencopot ban, karena sebelum itu Anda perlu memasang dongkrak terlebih dahulu.

2. Pasang Dongkrak Mobil

Memasang dongkrak ada teknik dan triknya tersendiri, sama seperti cara ganti ban itu sendiri. Selain memasang dongkrak di dekat ban yang ingin diganti, pastikan juga untuk memasang dongkrak pada struktur yang kokoh. Titik terbaik untuk memasang dongkrak adalah pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda. Pastikan juga dongkrak sudah berada dalam posisi tegak lurus. Selanjutnya angkat ban dengan dongkrak tersebut hingga ban terangkat.

Ingat, saat mengangkat mobil dengan dongkrak perhatikan posisi dongkrak. Jika dongkrak terlihat miring, jangan dipaksakan. Segera turunkan dongkrak dan atur ulang posisi dongkrak tersebut.

3. Lepas ban yang akan diganti

Selanjutnya Anda bisa mulai melepas ban yang akan diganti. Kendurkan baut roda hingga benar-benar terlepas semua kemudian simpan di tempat yang aman. Kemudian tarik ban yang hendak diganti hingga keluar dari rumah roda.

Setelah ban terlepas, taruh di bawah mobil untuk menggantikan ban cadangan yang kini akan dipasang.

4. Cara mengganti ban mobil dengan ban cadangan

Ambil ban cadangan dan pasang pada posisinya. Pastikan ban tersebut terpasang dengan benar. Sebagai tips mengganti ban mobil, Anda bisa memasukkan ban sambil sedikit menggoyang-goyangkannya. Cara ini akan memudahkan Anda memperoleh posisi yang tepat. Dengan cara ini, tenaga yang dikeluarkan untuk mengganti ban juga relatif tidak begitu besar.

Jika ban sudah terpasang pada posisi yang tepat, pasang baut dengan cara yang sama saat Anda mengendurkannya. Pasang baut satu per satu dengan cara bersebrangan. Tidak perlu mengencangkannya kuat-kuat. Cukup pasang hingga baut terasa mantap dan cukup keras.

5. Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

Setelah itu Anda perlu memasang baut-baut roda untuk memastikan ban terpasang dengan sempurna. Caranya putar baut roda searah baut jam. Tipsnya, kencangkan sedikit demi sedikit secara bergantian untuk setiap baut. Pada tahap ini pastikan semua baut terpasang kencang namun tidak sampai rusak.

6. Lepaskan Dongkrak Mobil

Setelah ban terpasang, Anda bisa mulai menurunkan dongkrak hingga ban menapak seluruhnya di permukaan jalan. Simpan dongkrak baik-baik di dalam mobil agar Anda tak sulit menemukannya di kemudian hari.

Artikel lainnya:

Tutorial Merawat Ban Mobil

Perawatan ban mobil diperlukan agar ban selalu dalam kondisi optimal. Dengan melakukan pengecekan rutin, dengan begitu pengguna bisa lebih awal mendeteksi adanya gangguan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menghindari kejadian ban mobil kempis atau bocor di jalan secara tiba-tiba.

Untuk lebih lengkapnya tentang cara merawat ban mobil, Anda bisa melihat rangkuman poin-poin di bawah ini:

  • Selalu menjaga tekanan angin. Cara paling ampuh untuk merawat kondisi ban mobil ialah dengan selalu menjaga tekanan angin di dalamnya. Karena dengan begitu ban mobil memiliki performa yang sempurna. Dinding-dinding ban pun terhindar dari gejala terlipat yang sangat berpotensi menyebabkan ban mengalami kerusakan.
  • Cara selanjutnya ialah rutin melakukan pengecekan visual kondisi ban. Anda bisa melakukannya dengan mata telanjang jika kondisi di sekitar cukup terang. Periksa apakah ada paku, batu, atau benda asing lainnya yang menempel pada ban.
  • Kemudian, hindari cara mengemudi yang terlalu agresif. Misalnya, melakukan akselerasi secara mendadak atau melakukan pengereman keras padahal tidak diperlukan. Termasuk juga melintasi medan jalan terlampu ekstrem yang sebenarnya tak sesuai dengan kapabilitas ban.

Tips Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Setelah Anda mengetahui cara mengganti ban mobil, harapannya Anda bisa mengatasi masalah ban bocor atau kempis dalam perjalanan.

Nah, setelah berhasil mengganti ban, maka sudah semestinya Anda membawa ban tersebut ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan. Permasalahannya, terkadang ada beberapa kerusakan yang tak bisa diperbaiki. Dengan kata lain Anda mesti membeli ban baru.

Tips singkat bagi Anda yang hendak membeli ban baru, sebaiknya memilih ukuran yang sama dengan ban sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan karakter dan performa berkendara yang dimiliki oleh mobil sebelumnya.

Namun begitu, Anda bisa memilih sejumlah aspek, seperti kapasitas beban dan kecepatan maksimal ban. Kedua hal tersebut ditandai dengan sebuah kode angka dan kode huruf. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa melihat tabel di berikut ini.

Kode beban maksimal ban:

  • Kode 62: 265 kg
  • Kode 63: 272 kg
  • Kode 64: 280 kg
  • Kode 66: 300 kg
  • Kode 68: 315 kg
  • Kode 70: 335 kg
  • Kode 73: 365 kg
  • Kode 75: 387 kg
  • Kode 80-89: 450-580 kg
  • Kode 90-100: 600-800 kg

Kode kecepatan maksimal ban:

  • Kode P: 150 km/jam
  • Kode Q: 160 km/jam
  • Kode R: 170 km/jam
  • Kode S: 180 km/jam
  • Kode T: 190 km/jam
  • Kode H: 210 km/jam
  • Kode V: 240 km/jam
  • Kode W: 270 km/jam
  • Kode Y: >300 km/jam

Artikel Lainnya:

Kata – Kata Akhir

Demikianlah artikel yang saya buat kali ini tentang Cara Mengganti Ban Mobil pahamilah langkah-langkah yang sudah saya berikan lakukan dengan hati-hati dan tetaplah berkendara dengn hati-hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bio wa

100 Bio WhatsApp (WA) Keren, Lucu, Singkat Dan Romantis Terbaru

[100% Berhasil] Cara Unlock Bootloader (UBL) Oppo A1k

[100% Berhasil] Cara Unlock Bootloader (UBL) Oppo A1k