2 Cara Mudah Root di Samsung Galaxy A40

Cara Mudah Root Samsung Galaxy A40 – Di pasar Android saat ini, ada permintaan untuk smartphone dengan spesifikasi kelas atas dan label harga yang terjangkau. Inilah alasan mengapa perusahaan Cina seperti Vivo, Oppo atau Huawei tumbuh sangat pesat di pasar dibandingkan dengan Samsung, Sony atau Motorola. Perusahaan-perusahaan ini menyediakan ponsel andalan dengan harga yang sangat wajar. Untuk mengatasi hal ini, Samsung telah meluncurkan jajaran Galaxy A yang didefinisikan ulang pada tahun 2019.

Tahun ini, Samsung lebih fokus pada perangkat yang ramah anggaran daripada ponsel andalannya. Hanya dalam beberapa bulan, mereka telah meluncurkan Samsung Galaxy A10, Galaxy A20, Galaxy A30 dan Galaxy A50. Perangkat ini dirilis terutama untuk menargetkan pembeli offline. Dari semuanya, Galaxy A40 adalah perangkat paling ringkas dengan beberapa spesifikasi dan fitur yang layak. Meskipun ramah anggaran, masih terlihat dan terasa seperti perangkat premium.

Tanggal peluncuran Samsung Galaxy A40 di India adalah Maret, 2019. Tetapi pengguna sudah membocorkan ulasan Galaxy A40 dan menghapus video di YouTube. Melihat spesifikasi Galaxy A40, itu olahraga 5,9 inci layar Infinity-U dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Selain itu, ia menawarkan 14nm Exynos 7885 octa-core SoC, disertai dengan 4GB RAM. Selain itu, ia datang dengan Android 9 Pie berbasis One UI di luar kotak. Secara keseluruhan, ini memberikan performa gaming yang luar biasa dengan konsumsi baterai rendah.

Berbicara tentang kamera, Galaxy A40 menawarkan pengaturan kamera ganda 16 + 5 megapiksel di bagian belakang. Sedangkan, di bagian depan, terdapat selfie shooter 25 megapiksel yang mengesankan. Perangkat Samsung ini dilengkapi dengan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas hingga 128GB. Sebaliknya, harga Galaxy A40 di India dimulai dari Rs. 19.500 di Amazon dan Flipkart. Dalam panduan langkah mudah ini, kami akan melakukan root pada Samsung Galaxy A40 tanpa menggunakan PC atau laptop. Di sini kita akan menggunakan pemulihan khusus seperti TWRP untuk mem-flash file Super SU dan Magisk.

Apakah Anda ingin install custom ROM di Galaxy A40? Jika ya, maka Anda harus melakukan root pada ponsel Android terlebih dahulu. Setelah di-root, Anda dapat dengan mudah mem-flash ROM kustom, atau menginstal pemulihan TWRP. Selain itu, Anda bahkan dapat menghapus data, cache, membuat cadangan Nandroid, menambah memori internal dan melakukan lebih banyak lagi. Apakah Anda siap untuk melakukan Root pada ponsel Android tanpa aplikasi Kingroot, Kingoroot, Flashify, Root master dll? Kemudian buka tutorial kami untuk cara melakukan root di Samsung Galaxy A40 tanpa PC.

BACA JUGA: Cara Root Xiaomi MI9

Perhatian:

Root akan membatalkan garansi ponsel Anda. Lanjutkan dengan risiko Anda sendiri. Kami di Masarbi tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan.

Prasyarat:

  • Pastikan baterai ponsel Anda terisi setidaknya 50%.
  • Proses ini membutuhkan TWRP untuk diinstal pada perangkat Anda. Lihat:

Cara Melakukan Root di Samsung Galaxy A40

Metode 1: Menggunakan Magisk

Cara Root Samsung Galaxy A40 menggunakan Magisk dan TWRP

Langkah-langkah untuk Rooting Samsung Galaxy A40:

Langkah 1: Download Magisk.zip .

Langkah 2: Matikan ponsel Anda sepenuhnya sampai bergetar. Kemudian restart ke pemulihan TWRP.

Langkah 3: Untuk melakukan hal yang sama, tekan dan tahan tombol Volume Naik + Daya secara bersamaan. Biarkan kedua kunci segera setelah Anda melihat logo TWRP.

Catatan: Jika Anda tidak dapat boot ke pemulihan, gunakan aplikasi manajer TWRP dari Google Play Store.

Langkah 4: Dari menu utama TWRP, klik opsi Install .

Ini akan menampilkan semua file dan folder yang ada di ponsel Anda.

Langkah 5: Cukup navigasikan ke file Magisk.zip yang diunduh dan pilih.

Langkah 6: Di layar berikutnya, geser ke kanan untuk memulai proses flashing Magisk.

Bersabarlah dan tunggu sampai proses rooting selesai. Begitu selesai, pesan yang berhasil akan muncul di layar.

Langkah 7: Klik opsi Reboot System untuk memulai kembali ponsel Anda.

Akhirnya! Ini adalah bagaimana Anda dapat melakukan root pada Samsung Galaxy A40 menggunakan pemulihan Magisk dan TWRP.

Catatan: Untuk mengonfirmasi apakah ponsel Anda berhasil di-rooting atau tidak, gunakan aplikasi Root Checker dari Google Play Store.

BACA JUGA: Cara Instal TWRP di Samsung Galaxy M40

Metode 2: Menggunakan SuperSU

Root Samsung Galaxy A40 menggunakan pemulihan Super SU dan TWRP

Langkah-langkah untuk Root di Samsung Galaxy A40:

Langkah 1: Download SuperSU.zip .

Langkah 2: Sama halnya dengan Metode 1, matikan ponsel Anda dan boot menjadi TWRP.

Langkah 3: Klik pada opsi Instal dari menu utama TWRP.

Langkah 4: Di halaman berikutnya, navigasikan ke file SuperSU.zip yang diunduh dan pilih.

Langkah 5: Cukup geser ke arah yang benar untuk memulai proses instalasi Super SU.

Setelah selesai, pesan root berhasil akan muncul di TWRP seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Akhirnya! Anda telah berhasil melakukan root di Samsung Galaxy A40 menggunakan SuperSU dan TWRP.

Sekarang Anda bebas untuk mem-flash custom ROM pada Galaxy A40, menginstal kernel, mods seperti kerangka kerja Xposed dll. Mohon bagikan pandangan dan pendapat Anda menggunakan bagian komentar yang diberikan di bawah ini.