in

Cara Screenshot Samsung yang Mudah Tanpa Aplikasi

cara screenshot di hp samsung

Masarbi.com – Cara screenshot Samsung mungkin masih membuat sebagian orang bingung. Fitur screenshot pada smartphone Android sudah pasti menjadi kebutuhan penting. Salah satu kegunaan fitur screenshot ini adalah untuk menunjukkan bukti pembayaran saat berbelanja online.

Tentu Anda tidak ingin repot menggunakan perangkat lain untuk mengambil gambar di layar smartphone Anda. Fitur screenshot yang tersedia di smartphone memberi Anda kemudahan, sehingga screenshot smartphone Anda bisa layak dilakukan.

Cara mengambil screenshot untuk Samsung bisa dilakukan dengan kombinasi tombol menggunakan fitur motion control. Selain itu, menggunakan aplikasi tangkapan layar bisa menjadi alternatif yang bisa diterapkan. Pilih saja langkah-langkah yang paling mudah untuk diterapkan.

Supaya tidak penasaran, langsung saja simak cara screenshot hp samsung dibawah ini kuy:

Gunakan kombinasi tombol

Cara pertama untuk mendapatkan screenshot dari Samsung yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tombol grup. Hampir semua ponsel Samsung dilengkapi dengan metode screenshot dengan kombinasi tombol ini.

Mungkin banyak yang sudah tahu cara memotret Samsung dengan cara ini, menggunakan kombinasi tombol Power dan Home. Berikut cara memotret Samsung menggunakan kombinasi tombol:

  • Pastikan ponsel Anda aktif dan tidak terkunci, lalu buka layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Kemudian segera tekan tombol Power dan Home secara bersamaan hingga layar berkedip dan sepertinya Anda telah mengambil screenshot.
  • Secara otomatis, layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya telah berhasil ditangkap. Dan untuk melihat screenshotnya, buka saja galerinya.

Terkait:

Cara Unlock Bootloader (UBL) Samsung galaxy S8 + Dan S8 Terbaru

Gunakan kontrol gerak

Cara screenshot Samsung ini juga bisa dilakukan dengan menggerakkan tangan di layar. Caranya juga mudah, pertama kamu perlu mengaktifkan fitur motion control terlebih dahulu.

Fitur ini akan merekam gerakan tertentu di layar sebagai perintah untuk mengambil screenshot. Hanya saja untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut cara mengambil screenshot dari Samsung menggunakan kontrol gerak:

  • Silahkan unlock smartphone anda, lalu buka menu setting.
  • Lanjutkan dengan tab Motion and Gesture.
  • Di menu Motion and Gesture, pilih “Palm Swipe To Capture” atau aktifkan.
  • Setelah mengaktifkan fitur Palm Swipe. Tekan tombol kembali dan buka layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Untuk mengambil screenshot, cukup gerakkan telapak tangan dari kanan ke kiri. Akan ada kilatan dan suara seperti pemotretan dengan kombinasi tombol.

Fitur ini hanya tersedia untuk Samsung S9, S9+, Samsung Galaxy S8, S8+, Samsung Galaxy S7, S7 Edge, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy 5, Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S3. Juga pada Samsung Galaxy Note 4, Note 3, Note 2, Galaxy Note serta beberapa perangkat Samsung Galaxy yang diproduksi selama tahun 2013.

Cara mengambil tangkapan layar di Samsung S8 dan S9

Saat ini banyak model smartphone Samsung terbaru tanpa tombol home di bagian depan, seperti Samsung S8 dan S9.

  • Kombinasi tombol volume dan power. Buka tangkapan layar apa pun yang Anda inginkan. Cukup tekan dan tahan tombol power dan tombol volume (-) secara bersamaan hingga terdengar suara shutter dan gambar screenshot ditampilkan di layar.
  • Bixby. Ini mungkin cara paling sederhana untuk mengambil tangkapan layar Samsung S8 dan S9 saya. Aktifkan Bixby dengan mengatakan “Hai, Bixby” atau menggunakan tombol Bixby. Arahkan saja asisten virtual ini dengan mengatakan “Ambil tangkapan layar”.

Setelah mengambil tangkapan layar, opsi berikut termasuk Gambar, Potong, dan Bagikan yang akan ditampilkan di bagian bawah layar. Ada juga opsi yang disebut “Scroll Capture”. Jika Anda tidak melihat opsi ini setelah mengambil tangkapan layar, lakukan pengaturan terlebih dahulu dengan masuk ke menu pengaturan “Fitur lanjutan” dan aktifkan Smart Capture.

Scroll Capture adalah fitur yang sangat berguna yang memungkinkan pengguna mengambil tangkapan layar lebih dari sekadar apa yang ada di layar dalam satu gambar. Fitur ini dapat digunakan untuk menangkap seluruh halaman web atau daftar panjang dari beberapa aplikasi.

Tangkapan Layar selain S8 dan S9

Fitur ini tidak dimiliki oleh semua ponsel Samsung. Kebanyakan dari mereka yang memilikinya adalah mereka yang memiliki spesifikasi sangat tinggi selain Samsung S8 dan S9. Contohnya Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

Berikut cara mengambil screenshot Samsung menggunakan Scroll Screenshot:

  • Masuk ke menu pengaturan.
  • Pilih fitur lanjutan.
  • Aktifkan Tangkap Cerdas. Jadi cara mengambil screenshot panjang di smartphone Samsung ini tidak memerlukan bantuan aplikasi.

Screenshoot Android direkomendasikan

Cara mengambil screenshot untuk Samsung juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk mengambil tangkapan layar, ada beberapa aplikasi tangkapan layar paling populer untuk Android, di antaranya:

  • Tangkapan Layar Mudah – Tangkapan Cepat Gratis
  • Tembakan super
  • Tembakan Sentuh
  • Tangkapan layar Apowersoft
  • Ambil tangkapan layar
  • Tangkapan layar terakhir

Nah, itulah pembahasan singkat dari kami mengenai cara screenshot hp samsung yang dapat anda coba, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Distro Linux Terbaik

Distro Linux Terbaik Wajib Instal Untuk Para Gamers

cara reset windows 10 tanpa menghapus data

[100% Works] Cara reset windows 10 tanpa menghapus data