File CSV di Windows – cara menggunakan dan mengonversi ke format lain

File CSV adalah file nilai yang dibatasi. Semua file CSV adalah file teks biasa yang hanya bisa berisi angka dan huruf dan menyusun data yang terkandung di dalamnya dalam bentuk tabel.

File dengan ekstensi CSV biasanya digunakan untuk bertukar data antara aplikasi yang berbeda. Program basis data, perangkat lunak analitis, dan aplikasi lain yang menyimpan sejumlah besar informasi (misalnya, kontak dan data pelanggan) biasanya mendukung format CSV .

File dengan koma kadang-kadang dapat disebut sebagai karakter-dibatasi atau dibatasi , tetapi tidak peduli bagaimana orang mengatakan, mereka berbicara tentang format CSV yang sama.

Cara membuka file CSV

Perangkat lunak manajemen spreadsheet umumnya digunakan untuk membuka dan mengedit file CSV, seperti OpenOffice Calc atau Kingsoft Spreadsheets gratis. Alat spreadsheet sangat bagus untuk file CSV karena data yang terkandung dalam file tersebut entah bagaimana akan disaring atau diproses.

Cara membuka file CSV

Anda dapat menggunakan Google Sheets file untuk melihat dan / atau mengedit CSV Anda di Internet. Untuk melakukan ini, unggah file ke Google Drive melalui “Buat” → “Unduhan File”, klik kanan file di Google Drive ketika Anda selesai mengunduh, dan pilih “Buka dengan” → “Google Spreadsheets”.

Anda juga dapat menggunakan editor teks untuk membuka file CSV, tetapi akan sangat sulit untuk bekerja dengan yang besar dalam jenis program ini.

Microsoft Excel juga mendukung file CSV, tetapi program ini tidak bebas untuk digunakan. Meskipun demikian, ini mungkin merupakan program yang paling sering digunakan untuk file CSV .

Mengingat jumlah program yang mendukung data teks terstruktur, seperti CSV, Anda mungkin memiliki lebih dari satu program yang diinstal yang dapat membuka file jenis ini. Jika ini masalahnya, dan yang terbuka secara default saat Anda mengklik dua kali pada file CSV di Windows tidak memenuhi harapan Anda, ketahuilah bahwa mengubah program ini sangat mudah:

Baca jugaCara edit file JPEG di Windows

Cara mengonversi file CSV

Karena file CSV menyimpan informasi dalam bentuk teks, dukungan untuk menyimpan file dalam format yang berbeda termasuk dalam berbagai layanan online dan program yang dapat diunduh.

Semua program desktop di atas dapat mengkonversi file CSV ke format Microsoft Excel, seperti XLSX dan XLS, serta ke TXT, XML, SQL, HTML, ODS, dan format lainnya. Proses konversi ini biasanya dilakukan melalui menu File → Save As .

Anda juga dapat menggunakan Google Spreadsheets untuk menyimpan file CSV dalam format yang berbeda. Dalam File → Unduh Sebagai, pilih XLSX, ODS, PDF, atau format lain yang didukung.

Cara mengonversi file CSV

Ada juga beberapa konverter file gratis yang berfungsi di browser web Anda, misalnya Zamzar, yang dapat mengkonversi file CSV ke beberapa format yang tercantum di atas, serta ke PDF dan RTF.

Alat CSVJSON (tebak …) mengubah data CSV ke JSON, yang sangat berguna jika Anda mengimpor sejumlah besar informasi dari aplikasi tradisional ke proyek web.

Biasanya, Anda tidak dapat mengubah ekstensi file (misalnya, ekstensi file CSV) menjadi yang komputer Anda mengenali dan mengharapkan file yang baru diubah namanya dapat digunakan. Konversi format file yang sebenarnya menggunakan salah satu metode yang dijelaskan di atas akan berfungsi dalam banyak kasus. Namun, karena file CSV hanya dapat berisi teks, Anda dapat mengubah nama file CSV menjadi format teks lain, dan itu harus dibuka dengan cara yang kurang bermanfaat daripada jika Anda meninggalkannya di CSV.

Informasi penting tentang pengeditan file CSV

Anda mungkin akan menemukan file CSV hanya ketika mengekspor informasi dari satu program ke file, dan kemudian Anda akan menggunakan file yang sama untuk mengimpor data ke program lain , terutama ketika bekerja dengan aplikasi berorientasi tabel.

Namun, terkadang Anda dapat mengedit file CSV atau membuatnya dari awal, dalam hal ini hal-hal berikut harus dipertimbangkan :

Program umum yang digunakan untuk membuka dan mengedit file CSV adalah Microsoft Excel. Apa yang penting untuk dipahami tentang penggunaan Excel atau program serupa lainnya untuk bekerja dengan spreadsheet, bahkan jika program ini memberikan dukungan untuk beberapa lembar saat mengedit file CSV, format CSV tidak mendukung “lembar” atau “tab,” sehingga data yang Anda buat di ini area tambahan tidak akan ditulis kembali ke CSV saat disimpan.

Misalnya, misalkan Anda mengubah data pada lembar pertama dokumen, dan kemudian menyimpan file ke CSV – data pada lembar pertama adalah apa yang akan disimpan . Namun, jika Anda beralih ke sheet lain dan menambahkan data di sana , dan kemudian menyimpan file lagi, informasi pada sheet yang diedit terakhir akan disimpan – data dari sheet pertama tidak akan lagi tersedia setelah menutup program.

Ini adalah “sifat” dari perangkat lunak spreadsheet yang membuat tugas ini membingungkan. Sebagian besar alat spreadsheet mendukung hal-hal seperti diagram, rumus, gaya garis, gambar, dan hal-hal lain yang tidak mungkin disimpan dalam format CSV.

Tidak masalah jika Anda memahami batasan ini. Itulah sebabnya ada format tabel lain yang lebih canggih, seperti XLSX. Dengan kata lain, jika Anda ingin menyimpan ke CSV karya apa pun selain perubahan data dasar, jangan gunakan CSV – sebagai gantinya, simpan atau ekspor ke format yang lebih maju.

Bagaimana file CSV terstruktur?

Mudah membuat file CSV Anda sendiri. Hanya mengurutkan data seperti yang Anda inginkan dengan salah satu alat yang disebutkan di atas, dan kemudian simpan apa yang Anda miliki dalam format CSV. Namun, Anda juga dapat membuatnya secara manual, dari awal, menggunakan editor teks apa pun.

Berikut ini sebuah contoh:

Nama, alamat, nomor Ivan Ivanov, 10th Street, 37

Semua file CSV memiliki format umum yang sama: setiap kolom dipisahkan oleh pemisah (misalnya, koma), dan setiap baris baru menunjukkan baris baru. Beberapa program yang mengekspor data ke file CSV dapat menggunakan karakter lain untuk memisahkan nilai, seperti tab, titik koma, atau spasi.

Contoh di atas menunjukkan bagaimana data akan terlihat jika file CSV dibuka di editor teks. Namun, karena program spreadsheet, seperti Excel dan OpenOffice Calc, dapat membuka file CSV, dan program ini berisi sel untuk menampilkan informasi, nilai namaakan terletak di sel pertama dengan Ivan Ivanov di baris baru tepat di bawah, dan sisanya untuk itu pola yang sama.

Masalah dengan membuka atau menggunakan file CSV

File CSV tampak sederhana . Tidak peduli sesederhana apa kelihatannya pada pandangan pertama, sedikit saja penyalahgunaan koma atau kebingungan “dasar”, seperti yang kita bicarakan di atas, dapat membuat Anda merasa seperti seorang insinyur roket.

Ingatlah bahwa Anda tidak akan dapat membuka file CSV atau membaca teks di dalamnya, karena alasan sederhana bahwa Anda mengacaukan file lain dengan format CSV. Beberapa file memiliki huruf ekstensi file yang sama dengan file CSV, tetapi, pada kenyataannya, mereka memiliki format yang sama sekali berbeda.

CVS, CVX, CV dan CVC hanyalah beberapa contoh di mana file tidak dapat dibuka dalam program spreadsheet, meskipun ekstensi sangat mirip dengan CSV.

Tinggalkan komentar