Multitasking di Android: cara menggunakan mode split-screen

Anda sambil mendengarkan musik di YouTube, membuat catatan, dan menonton video secara bersamaan, semuanya dimungkinkan di smartphone Android Anda. Berkat mode layar terbagi (sering juga disebut fungsi split-screen), Anda dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan untuk meningkatkan produktivitas. Bagaimana Anda menggunakan fitur ini? Kami akan tunjukkan di artikel kami.

Apa yang dilakukan mode split-screen?

cara menggunakan mode split-screen

Fungsi multi-jendela pada Android memungkinkan Anda untuk bekerja berdampingan dengan dua aplikasi dan menggunakannya secara bersamaan. Dengan cara ini Anda dapat melakukan dua operasi sekaligus, seperti menanggapi pesan di WhatsApp tanpa menutup aplikasi navigasi saat Anda berjalan menyusuri jalan yang tidak dikenal atau mendengarkan musik di YouTube dan membuat tweet pada saat yang sama. Ini sangat berguna jika Anda memiliki ponsel cerdas dengan layar besar, karena Anda dapat dengan nyaman melihat dan menavigasi kedua aplikasi.

Membagi layar pada Android Pie

Sementara Android Pie mungkin telah membawa banyak peningkatan kualitas hidup, menggunakan layar terbagi dalam versi terbaru dari sistem operasi tampaknya kurang intuitif dan sulit ditemukan. Namun, jangan khawatir! Kami akan menjelaskan cara kerjanya:

  • Buka aplikasi terbaru melalui bilah navigasi atau melalui gerakan jika Anda memiliki Pixel Phone
  • Di aplikasi pilihan Anda, ketuk ikon di atasnya.
  • Jika aplikasi dapat digunakan dalam mode split-screen, Anda akan melihat opsi Buka di layar terbagi.
  • Anda kemudian dapat dengan mudah membuka aplikasi pilihan kedua melalui aplikasi android multitasking
multitasking android pie

Akhirnya, ada juga opsi untuk membuka aplikasi dalam tampilan pop-up. Ini membuka aplikasi di jendela kecil yang mengingatkan orang-orang yang akan Anda temukan di PC, ukuran dan x tombol yang disertakan. Itu dapat ditampilkan di atas aplikasi lain.

pop up view android pie

pop up view android pie

Jika split-screen bukan untuk Anda, tampilan sembulan juga merupakan opsi.

Anda harus mencatat, namun tidak semua aplikasi akan kompatibel dengan layar terbagi. Anda dapat memaksa semua aktivitas untuk diubah ukurannya melalui opsi pengembang, tetapi itu mungkin juga menghasilkan kurang dari kinerja bintang dan crash aplikasi. Anda telah diperingatkan!

Gunakan multi-window pada Android Nougat atau Oreo

Pada versi 7.0 sistem operasinya, Google memperkenalkan fungsi multi-jendela untuk pertama kalinya, membuatnya tersedia untuk semua orang. Tentunya dengan Android 8.0 Oreo versi ini tetap tersedia dan dapat diaktifkan dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi yang ingin Anda lihat di bagian atas layar.
  • Tekan dan tahan tombol multitasking / baru-baru ini selama beberapa saat.
  • Sekarang Anda dapat menavigasi melalui aplikasi yang terbuka dan memilih aplikasi kedua untuk dilihat.

oreo multi window
Instagram tidak mendukung multi-jendela, tidak seperti Facebook dan Twitter.

Harap dicatat: Jika aplikasi kedua tidak ada di antara aplikasi terbaru Anda atau aplikasi yang dapat Anda buka, cukup tekan tombol beranda setelah langkah itu dan Anda dapat meluncurkan aplikasi kedua seperti biasa.

Anda perlu latihan sebelum memahami aplikasi mana yang mendukung fitur ini karena pengembang aplikasi mungkin telah memblokir fungsi ini, seperti halnya dengan Instagram.

Cara menggunakan multi-window di Android Marshmallow dan versi sebelumnya

Sayangnya, tidak semua smartphone memiliki fungsi multi-jendela dengan versi yang lebih awal dari Android Nougat. Beberapa pengecualian adalah Samsung, Huawei / Honor dan smartphone LG.

Baca Juga:

Multi-jendela pada smartphone Samsung

Anda masih dapat menggunakan fungsi multi-jendela pada beberapa smartphone Samsung yang lebih tua. Biasanya, ponsel cerdas yang kompatibel menyertakan seri S atau Catatan, tetapi Anda dapat memeriksa apakah perangkat Anda kompatibel melalui langkah-langkah berikut.

  • Pergi ke pengaturan.
  • Cari Multi-window.
  • Jika Anda memiliki fungsi, cukup aktifkan sakelar yang sesuai untuk mengaktifkannya.

Setelah fungsi diaktifkan di Pengaturan, Anda perlu menambahkan dua aplikasi untuk ditempatkan di samping satu sama lain:

  • Tekan dan tahan tombol kembali selama beberapa detik.
  • Menu akan muncul di sebelah kanan dengan daftar aplikasi yang didukung.
  • Seret aplikasi pertama di bagian atas layar.
  • Seret aplikasi kedua di bagian bawah layar.

Hanya beberapa aplikasi sistem dan beberapa aplikasi pihak ketiga yang didukung.

samsung multi window
Tidak semua aplikasi berfungsi dalam mode multi-jendela. 

Multi-jendela pada perangkat Huawei / Honor

Jika Anda memiliki ponsel cerdas Honor / Huawei dengan Android 6.0 Marshmallow dan EMUI 4, Anda dapat memanfaatkan fungsi multi-jendela dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Tekan dan tahan tombol multitasking / baru-baru ini selama beberapa saat.
  • Pilih dua aplikasi yang diinginkan dari menu yang ditampilkan.

Harap dicatat bahwa bahkan dalam kasus ini hanya beberapa aplikasi sistem dan beberapa aplikasi pihak ketiga yang didukung.

Multi-jendela pada ponsel LG

LG sejak dulu menerapkan fungsi multi-jendela dengan nama Dual Window yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dua aplikasi pada saat yang sama, jauh sebelum Android Nougat dirilis. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Tekan tombol multitasking / baru-baru ini.
  • Sebuah tombol bernama Dual Window akan muncul di bawah. Tekan itu.
  • Jendela baru akan terbuka di tengah layar dan memungkinkan Anda untuk memilih dua aplikasi di samping satu sama lain.

lg g4 dual window
Dengan beberapa ketukan dan Anda dapat menikmati dua aplikasi sekaligus.

Gunakan ROM yang dimodifikasi

Untuk smartphone lain yang sayangnya tidak mengizinkan opsi ini, Anda selalu dapat mencoba modding. Untuk sejumlah smartphone yang terbatas, ada beberapa ROM yang dimodifikasi yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan versi perangkat Anda ke Nougat atau yang mungkin telah mengaktifkan fungsi pada versi Android sebelumnya.

Jika Anda tertarik dengan topik ini, saya telah memberikan beberapa tautan ke panduan yang bermanfaat. Seperti biasa, ingatlah bahwa Anda mengikuti prosedur dengan risiko Anda sendiri dan bahwa setiap merek dan model smartphone mungkin sedikit berbeda. ROM yang dimodifikasi bukan untuk yang  belum tahu.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar