Apa perbedaan Antara CPU, GPU dan APU

Sebagian besar hardware pada PC Anda dikaitkan dengan singkatan, dan seiring perkembangan teknologi – jumlah nama-nama ini meningkat, yang mengarah pada kebingungan. Untuk bisa mengetahuinya dan membantu Anda mendapatkan peralatan yang diperlukan, mari kita lihat perbedaan antara istilah CPU, GPU dan APU.

Apa itu central processing unit (CPU)?

Prosesor dapat dianggap sebagai otak PC Anda . Ini memproses semua tugas dan perhitungan yang dilakukan oleh peralatan lain, yang membuatnya menjadi tautan penting dalam kinerja perangkat Anda. Sebagian besar prosesor PC modern menggunakan beberapa inti untuk memproses beberapa tugas sekaligus, dan kinerja keseluruhan diukur dalam gigahertz (GHz) . Misalnya, jika prosesor memiliki frekuensi clock dasar 2,4 GHz, prosesor mampu memproses hingga 2,4 miliar instruksi per detik.

Standard Computer Processor CPU-

Ketika datang ke produsen prosesor, Anda mungkin akan mendengar tentang Intel dan Advanced Micro Devices (AMD). Keduanya menciptakan produk yang dapat menjalankan Windows. Sekarang setelah AMD memiliki Ryzen, kesenjangan antara kedua perusahaan semakin dekat, terutama dalam hal harga dan kinerja.

Kinerja sangat bervariasi di semua prosesor dari kedua produsen, menawarkan banyak pilihan ketika datang ke harga dan konsumsi daya. Anda dapat menemukan prosesor berkinerja rendah yang bagus untuk pengolah kata, penelusuran web, dan masa pakai baterai. Anda juga dapat menemukan prosesor berkinerja tinggi yang benar-benar akan “menghancurkan” semua yang Anda lemparkan, tetapi juga akan menghabiskan energi seperti penyedot debu.

Apa itu prosesor grafis (GPU)?

Prosesor grafis pada PC Anda pada dasarnya bertanggung jawab atas apa yang Anda lihat pada monitor yang terhubung ke komputer. Biasanya ada dua jenis GPU: terintegrasi dan berdedikasi (juga disebut diskrit ).

GPU terintegrasi berbagi ruang dengan chipset prosesor, sementara GPU khusus merupakan perangkat keras terpisah yang terhubung ke bus terpisah pada motherboard.

GPU dirancang untuk pekerjaan berkinerja tinggi yang membutuhkan banyak energi. Permainan intensif, VR, dan pengeditan video adalah semua tugas terkait GPU. Sementara prosesor sentral adalah kapten dari “tim PC Anda”, GPU dapat dianggap sebagai asisten utama, siap untuk menyelesaikan tugas yang paling menuntut.

Apa itu prosesor yang dipercepat (APU)?

APU adalah istilah yang AMD ciptakan untuk merujuk pada GPU yang terintegrasi ke dalam arsitektur prosesor . Baik core prosesor grafis dan core prosesor standar berbagi cache dan matriks yang sama, dan data ditransmisikan pada bus yang sama.

Mengapa membuat APU? Memiliki CPU dan GPU di satu tempat memungkinkan mereka bekerja lebih efisien untuk meningkatkan daya komputasi. Demikian pula, memiliki GPU dan CPU terintegrasi biasanya lebih hemat energi daripada memiliki CPU dan GPU khusus yang terpisah. Banyak APU modern cukup kuat untuk gim yang tidak intens; namun, APU akan hampir selalu dikalahkan oleh GPU berdedikasi modern.

APU pertama, menggunakan nama kode Llano, diumumkan oleh AMD pada tahun 2011, tetapi proyek ini telah bekerja sejak 2006. Jika Anda tertarik dengan keberadaan Intel selama ini, sebagian besar prosesor mereka juga menggunakan grafik terintegrasi. Sebagai contoh, Intel Core-i7-8700K, biasanya dipasangkan dengan prosesor grafis khusus yang berdedikasi, telah mengintegrasikan grafik Intel UHD 630. Namun, istilah APU tidak digunakan oleh Intel, mungkin karena hubungannya dengan produk AMD yang bersaing.

Nah itu tadi tentang Apa perbedaan Antara CPU, GPU dan APU, semoga kawan bisa memahaminya. Terima kasih