Perbedaan dan Persamaan File JPG vs JPEG

Pemilik situs web menemukan file gambar sepanjang waktu. Meskipun Anda tidak harus menjadi ahli gambar untuk mengedit dan mengunggah gambar ke situs web , Anda harus membiasakan diri dengan format file umum seperti JPEG. Atau apakah itu JPG?

Dalam artikel ini, saya akan memperberitahu perbedaan file JPG vs JPEG sehingga Anda memahami perbedaannya, serta detail lainnya yang akan membantu Anda mengunggah gambar terbaik ke situs web Anda untuk pengalaman pengguna terbaik.

Siap? Ayo mulai!
Daftar Isi

Apa itu JPEG?

Sebagai pemilik situs web yang bekerja dengan gambar, Anda kemungkinan besar telah melihat format file JPEG di beberapa titik selama mengedit dan mengunggah petualangan.

Tapi tahukah Anda bahwa istilah JPEG sebenarnya adalah referensi untuk tiga hal yang berbeda?

Ya, benar dan kami di sini untuk menjelaskan semuanya:

1. Kompresi Lossy JPEG

Saat Anda mengunggah gambar ke situs web Anda, penting Anda berhati-hati untuk tidak memengaruhi kecepatan dan kinerja situs Anda secara negatif dengan menggunakan gambar besar yang menghabiskan sumber daya dan menghabiskan waktu selamanya untuk dimuat di bagian depan situs Anda. Bahkan, semua pemilik situs web harus mengoptimalkan gambar mereka dengan cara tertentu untuk mengurangi ukuran file gambar mereka dan menjaga waktu pemuatan dan pengalaman pengguna.

Di situlah JPEG berguna. JPEG adalah metode kompresi lossy yang digunakan untuk memastikan gambar digital yang digunakan sekecil mungkin dan memuat dengan cepat ketika seseorang ingin melihatnya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang kompresi lossy:

  • Ukuran file dari gambar yang dikompres berkurang secara permanen dengan menghilangkan informasi yang tidak perlu ( redundan ) dari gambar.
  • Kualitas gambar memang buruk, meskipun sering sangat sedikit yang tidak dapat diketahui oleh pengunjung situs.
  • Selama proses kompresi, setiap piksel dibandingkan dengan piksel di sekitarnya dalam rasio mulai dari 2: 1 hingga 100: 1 ( piksel apa pun yang sama dengan aslinya akan dihapus karena dianggap berlebihan ).
  • Kompresi lossy JPEG biasanya digunakan untuk foto dan gambar foto yang kompleks.
  • Ketika Anda mengompres gambar menggunakan kompresi lossy, Anda menentukan ukuran file dan trade-off kualitas gambar ( misalnya, file yang lebih kecil = kualitas gambar yang lebih buruk ).
  • Semakin banyak pengeditan dan penyimpanan satu gambar yang Anda lakukan, semakin buruk kualitas gambarnya.

Jika Anda lebih berpengalaman dalam mengedit gambar menggunakan kompresi lossy, ada kemungkinan Anda dapat menyimpan kualitas gambar sambil mengurangi ukuran file dengan bekerja dengan gambar RAW JPEG, mengedit, dan menyimpan gambar satu kali.

Jika Anda tidak ingin melakukan kompresi lossy JPEG pada gambar situs Anda, selalu ada alternatifnya: kompresi lossless .

Kompresi lossless menyimpan gambar Anda dalam format yang sama sekali berbeda ( biasanya PNG ). Walaupun kualitas gambar tidak pernah dikorbankan karena tidak ada informasi yang dihilangkan, ketahuilah bahwa dengan kompresi lossless ukuran file akhir gambar Anda akan selalu lebih besar daripada dengan kompresi lossy. Ini dapat menghasilkan waktu pemuatan halaman yang lebih lambat.

2. Kelompok Ahli Fotografi Bersama (JPEG)

JPEG adalah singkatan dari Joint Photographic Experts Group, yang merupakan nama sub-komite yang membantu menciptakan standar JPEG, serta standar pengkodean gambar diam lainnya di bawah grup yang lebih luas yang disebut ISO.

Standar JPEG pertama dikeluarkan pada tahun 1992 oleh ISO ( Organisasi Internasional untuk Standardisasi ). ISO bertanggung jawab untuk membuat dokumen yang “… memberikan persyaratan, spesifikasi, pedoman atau karakteristik yang dapat digunakan secara konsisten untuk memastikan bahwa bahan, produk, proses, dan layanan sesuai dengan tujuannya.”

ISO menetapkan standar untuk banyak hal, termasuk gambar digital, dalam upaya memberikan pengguna dan konsumen produk dan layanan berkualitas tinggi.

Logo ISO

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Organisasi internasional ini adalah sekelompok orang sukarela dengan anggota dari lebih dari 164 negara, menjadikannya pengembang standar terbesar di dunia.

3. JPEG sebagai Format File

Cara terakhir istilah JPEG digunakan adalah ketika merujuk nama format file atau cara untuk menyimpan dan menyimpan gambar digital. Ini mungkin cara yang paling sering Anda gunakan untuk melihat JPEG karena ini adalah salah satu pilihan format file yang Anda miliki ketika Anda menyimpan gambar setelah mengeditnya.

jpg vs jpeg: format file jpeg

Format file JPEG

Berikut adalah beberapa fakta menyenangkan tentang format file .jpeg:

  • Format file gambar yang paling umum digunakan oleh kamera digital dan perangkat pengambilan gambar lainnya.
  • Mendukung 16.777.216 warna, yang diproduksi menggunakan masing-masing 8 bit dalam model warna RGB.
  • Dapat menampilkan lebih dari 16 juta warna sekaligus, membuat skema warna dan resolusi kontras hampir sempurna.
  • Mendukung ukuran maksimum 65.535 x 65.535 piksel.
  • Mengurangi ukuran gambar sekitar 50-75% ( karena kompresi lossy ) saat disimpan

Terakhir, jenis format file ini tidak ideal untuk gambar dengan tepi tajam karena warna menyatu lebih banyak daripada jika disimpan sebagai .png, yang menampilkan masing-masing piksel sebagai kombinasi.

Jadi, sekarang mari kita periksa apa itu JPG.

Apa itu JPG?

Apa yang ada di JPG dibandingkan dengan JPEG?

jpg vs jpeg: ekstensi file windows

Ekstensi file di Windows

Nah, ketika datang ke .jpeg vs .jpg, kebenarannya adalah tidak ada perbedaan antara keduanya kecuali jumlah karakter.

Benar gila Mari kita jelaskan.

Istilah JPG ada karena versi sebelumnya dari sistem operasi Windows. Secara khusus, sistem file MS-DOS 8.3 dan FAT-16 memiliki batas maksimum 3 huruf ketika datang ke nama file, tidak seperti sistem operasi seperti UNIX seperti Mac atau Linux, yang tidak memiliki batas ini.

Jadi, pada sistem Mac atau Linux, gambar yang disimpan sebagai JPEG menggunakan ekstensi file .jpeg. Tetapi ketika harus menyimpan jenis-jenis gambar yang sama menggunakan Windows, ekstensi file harus disingkat menjadi .jpg sehingga tidak melebihi batas 3 huruf.

Saat ini, sistem operasi Windows menerima ekstensi file 3 atau 4 huruf seperti .jpeg atau .jpg. Tetapi karena begitu banyak orang telah menggunakan Windows begitu lama, dan digunakan untuk menyimpan gambar mereka sebagai JPG, mereka tidak berhenti. Karena itu, perangkat lunak pengedit foto seperti Adobe Photoshop dan GIMP menyimpan semua gambar JPEG secara default ke ekstensi file .jpg pada Windows dan Mac untuk menghindari kebingungan.

Persamaan File JPG vs JPEG

Oke, jadi Anda tahu bahwa file .jpeg dan .jpg adalah hal yang persis sama. Tetapi hanya untuk mengarahkan titik itu pulang, dan membantu Anda mengingatnya jauh di masa depan, kita akan melihat persamaan JPEG dan gambar JPG.

1. Keduanya Adalah Gambar Raster (Bukan Gambar Vektor)

Gambar komputer dapat dibuat sebagai gambar raster atau vektor. Dan karena JPEG adalah gambar raster, demikian juga JPG.

Grafik raster adalah bitmap gambar. Bitmap adalah kisi-kisi piksel individual yang bila digabungkan akan menghasilkan seluruh gambar. Dengan kata lain, gambar raster adalah kumpulan dari kotak kecil ( atau piksel ) warna yang tak terhitung jumlahnya yang masing-masing dikodekan dalam rona atau warna tertentu yang ketika disatukan membuat keseluruhan gambar yang masuk akal untuk dilihat.

jpg vs jpeg: contoh gambar raster

Sumber gambar: PrintCNX

Berikut ini informasi lebih lanjut tentang gambar raster untuk membantu Anda lebih memahami:

  • Paling baik digunakan untuk gambar yang tidak bergaris seperti foto, karya seni yang dipindai, atau grafik terperinci.
  • Mereka memiliki gradasi rona atau naungan yang halus dan garis serta bentuk yang sangat tidak jelas.
  • Karena sifat berbasis pixel mereka, mereka menderita masalah kualitas ketika meledak dalam ukuran ( mereka menjadi bergerigi dan mengekspos masing-masing piksel ).
  • Mereka ditentukan dan ditampilkan pada satu resolusi spesifik, yang diukur dalam dots per inch ( dpi ).
  • Semakin tinggi dpi, semakin baik resolusi dan daya tarik visual dari gambar.
  • Format file raster yang umum meliputi: TIFF, JPEG, GIF, PCX, dan file BMP.
  • Gambar raster adalah standar Web, artinya lebih disukai untuk semua gambar yang ditemukan di internet.

Sekali lagi,Perbedaan JPEG dan JPG bukan gambar vektor .

jpg vs jpeg: contoh gambar vektor

Sumber gambar: PrintCNX

Berikut ini beberapa informasi tentang gambar vektor sehingga Anda dapat memahami perbedaannya:

  • Gambar didasarkan pada rumus matematika yang menentukan bentuk geometris seperti poligon, garis, kurva, lingkaran, dan persegi panjang.
  • Sempurna untuk gambar bermata lurus seperti seni garis.
  • Karena tidak ada gradasi warna, mereka bekerja dengan baik untuk gambar datar dan berwarna seragam.
  • Sertakan grafik populer seperti logo, kop surat, dan font.
  • Skala naik atau turun tanpa degradasi kualitas karena mereka tidak bergantung pada piksel untuk membuat gambar utuh.

2. Kedua Istilah Berarti Sama

Ingat ketika kita membahas istilah JPEG dan bagaimana singkatan dari Joint Photographic Experts Group? Nah, Anda sudah menebaknya; baik JPEG dan JPG adalah singkatan untuk sub-komite ISO yang sama.

3. Keduanya Digunakan untuk Jenis Gambar Yang Sama

Karena mereka adalah gambar raster, dan bukan vektor, format file .jpeg dan .jpg paling baik digunakan untuk fotografi digital. Foto digital memiliki gradasi warna yang luas yang tampak mulus saat disimpan sebagai gambar JPEG / JPG raster. Ini berarti pengunjung situs Anda akan selalu melihat foto yang indah jika disimpan sebagai .jpeg / .jpg dan diunggah ke situs web Anda.

4. Keduanya Kehilangan Kualitas Saat Disimpan

Karena perbandingan .jpeg vs .jpg adalah nol ( karena mereka adalah hal yang persis sama ), masuk akal bahwa metode kompresi yang digunakan pada setiap format file – kompresi lossy – menghasilkan beberapa kehilangan kualitas gambar sebagai ukuran file gambar berkurang.

Selain itu, ini berarti bahwa apa pun ekstensi file yang Anda gunakan ( baik .jpeg atau .jpg ), ukuran file gambar Anda akan lebih kecil daripada aslinya dan menghasilkan waktu pemuatan yang lebih cepat ketika diunggah ke situs web Anda dan dilihat oleh pengunjung situs.

Pada akhirnya, JPEG dan JPG adalah hal yang sama dan melayani beberapa tujuan utama

Jadi tanyakan pada diri Anda: File JPG vs JPEG, mana yang lebih baik? Dari sana, jangan berpikir terlalu keras karena jawabannya tidak. Mereka sama dan apa pun yang Anda pilih, hanyalah masalah preferensi.

JPG vs JPEG 2000

Jika Anda pernah menemukan diri Anda mencari informasi tentang JPEG dan JPG, Anda mungkin telah menemukan istilah JPEG 2000 dan bertanya-tanya apa yang ada di dunia itu. Bagaimanapun, itu bukan pilihan di sebagian besar perangkat lunak pengeditan gambar.

JPEG 2000 adalah sistem penyandian gambar yang dibuat oleh Joint Photographic Experts Group pada tahun 2000 yang dirancang untuk menjadi lebih baik daripada standar JPEG yang sudah ada. Bahkan, itu dirancang untuk menerapkan kompresi lossless pada gambar menggunakan teknik kompresi canggih pada transformasi panjang gelombang diskrit.

Ini menawarkan orang cara untuk mengoptimalkan gambar mereka dan menyimpannya sebagai JPEG, tanpa menurunkan kualitas gambar .

Berikut adalah beberapa fitur terpenting dari JPEG 2000:

  • Teknik Kompresi Lanjut: tidak seperti JPEG tradisional, JPEG 2000 mampu melakukan kompresi lossy dan lossless ( bahkan pada satu file gambar ).
  • Progressive Decoding: memungkinkan pengunjung situs untuk melihat versi kualitas gambar yang lebih rendah saat seluruh gambar masih diunduh di latar belakang. Ketika lebih banyak data diunduh, kualitas gambar meningkat untuk pemirsa.
  • Rasio Kompresi yang Lebih Tinggi: ketika datang ke kompresi lossy, JPEG 2000 dapat mengompres gambar dari 20-200% lebih dari JPEG, sambil mempertahankan kualitas gambar yang sama bila dibandingkan dengan gambar JPEG dengan ukuran yang sama.

Selain itu, JPEG 2000:

  • Menawarkan pelestarian transparansi dalam gambar.
  • Dapat menggambarkan data gambar dua tingkat, abu-abu, palet-warna, dan penuh warna.
  • Termasuk informasi pribadi atau tujuan khusus dalam jumlah tak terbatas dalam metadata.
  • Dapat menangani ukuran gambar yang lebih besar ( lebih besar dari 64K x 64K piksel ), tanpa memiringkan.
  • Latensi sangat rendah, yang sangat berguna untuk konten TV langsung.
  • Skalabilitas dalam resolusi dan kualitas.

Batasan JPEG 2000

Meskipun JPEG 2000 memiliki banyak fitur hebat dan tampaknya menjadi standar pengkodean terbaik berikutnya untuk gambar digital, ada alasan mengapa ini masih bukan format file yang populer bagi kebanyakan orang:

  • Tidak ada dukungan browser universal ( hanya mendukung Safari ).
  • Tidak kompatibel dengan JPEG ( harus menyandikan standar baru dan mendukung JPEG asli ).
  • Pengkodean file JPEG 2000 adalah CPU intensif, yang dapat membuat server tegang dan memperlambat segalanya.
  • Banyak situs web dan kamera tidak siap menerima format karena tidak diterima secara universal.

Karena keterbatasannya, Anda akan kesulitan menemukan format file JPEG 2000 sebagai opsi saat menyimpan gambar digital Anda. Dan meskipun ini bisa dibilang lebih baik daripada JPEG, sampai diterima secara universal , Anda mungkin akan menghadapi banyak masalah kompatibilitas yang membuat pekerjaan Anda lebih sulit sebagai pemilik situs web daripada yang seharusnya.

Konversi File Gambar ke JPG: Metode Umum

Ada banyak cara untuk menyimpan gambar digital Anda sebagai file .jpg atau .jpeg. Mari kita lihat beberapa.

1. Paint Windows

Jika Anda memiliki Windows, Anda dapat dengan mudah menyimpan gambar apa pun sebagai .jpeg atau .jpg menggunakan Windows Paint. Cukup unggah gambar Anda ke Windows Paint, buka File > Save as , pilih tujuan file , beri nama gambar Anda, dan pilih JPEG (* .jpg, * .jpeg, * .jpe, * .jfif) dari menu dropdown.

Cat Windows

Cat Windows

Kemudian klik Simpan.

2. Desainer Afinitas

Affinity Designer sangat mirip dengan perangkat lunak pengedit gambar lainnya seperti Adobe Photoshop. Untuk menyimpan gambar sebagai JPG menggunakan perangkat lunak seperti ini, mulailah dengan membuka aplikasi dan mengunggah gambar Anda. Lakukan pengeditan yang Anda inginkan dan klik Berkas > Ekspor … . Kemudian, pilih ikon JPEG, pilih kualitas ( terbaik, tinggi, sedang, atau rendah ), dan klik Ekspor .

desainer afinitas ekspor

Desainer Afinitas

Ketika Anda melakukannya, dialog Save As akan terbuka sehingga Anda dapat memilih tujuan file, beri nama gambar Anda, dan sekali lagi memastikan bahwa Anda menyimpan file sebagai JPG.

simpan sebagai desainer afinitas

“Simpan sebagai” di Affinity Designer

Klik Simpan .

3. Alat Konverter Online

Jika Anda ingin mengonversi gambar ke JPG, ada banyak alat konverter jpg online gratis untuk membantu. Misalnya, FileZigZag adalah konverter file online gratis yang mudah digunakan. Cukup seret dan jatuhkan file gambar Anda atau unggah, pilih jenis file untuk mengkonversi gambar, masukkan alamat email, dan klik Konversi .

konversi png ke jpeg filezigzag

Ubah png menjadi jpeg FileZigZag

Tentu saja, Anda mungkin tidak ingin menyerahkan email Anda sebagai imbalan untuk mengubah gambar Anda menjadi JPG. Itu sebabnya kami telah mengumpulkan beberapa solusi gratis dan premium lainnya untuk Anda periksa:

  • XnConvert : sempurna untuk editor gambar tingkat lanjut yang membutuhkan banyak format file gambar, kemampuan untuk mengonversi secara massal, dan menggunakan Windows, Mac, atau Linux.
  • Zamzar : alat online gratis untuk mereka yang memiliki gambar besar ( hingga 50MB ) yang menginginkan opsi agar hasil akhirnya diemail atau tidak.
  • Adaptor : konverter gambar sederhana yang mendukung gambar batch dan mengkonversi secara instan dan bekerja pada MacOS dan Windows.

Tentu saja, ini hanya beberapa opsi yang tersedia yang Anda miliki jika Anda ingin mengonversi gambar ke JPG.JPG vs JPEG: Apa bedanya? Bagaimana dengan JPEG 2000? 😫 Dapatkan jawabannya (dan banyak lagi) di panduan kami yang luas! 💪KLIK UNTUK TWEET

Ringkasan

Perbedaan File JPG vs JPEG adalah ekstensi file dan metode kompresi yang paling umum bagi mereka yang ingin menyimpan dan menyimpan gambar digital. Ini terutama berlaku untuk pemilik situs web yang ingin menampilkan citra yang menarik secara visual dan mempertahankan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Beruntung bagi Anda, tidak peduli apakah Anda lebih suka tipe file .jpeg atau .jpg, Anda akan mendapatkan hasil yang sama:  gambar-gambar indah yang memuat dengan sangat cepat bagi pengunjung situs .