Reboot atau reset: apa bedanya?

Apa artinya ketika kita mengatakan kita akan “me-reboot” komputer Anda? Bukankah kata “reboot” sama dengan “reset”? Bagaimana dengan “restart” komputer atau router, smartphone, dan perangkat serupa? Apa perbedaan antara kata “reset” dan “reboot”? Meskipun pada pandangan pertama kedua kata ini bisa berarti sama, bukan itu masalahnya. Selain itu, kata “reboot” dan “reset” sebenarnya memiliki dua arti yang sangat berbeda.

Mengapa penting untuk mengetahui perbedaan antara makna dari dua kata ini?

Salah satu alasan paling penting mengapa baik untuk mengetahui “tujuan” dari dua kata ini adalah karena apa yang “reboot” dan “reset” lakukan. Meskipun terdengar sangat mirip, keduanya bekerja dengan hal yang berbeda dan ditujukan untuk aktivitas yang sepenuhnya berbeda.
perbedaan Reboot atau reset
Salah satu dari keduanya (selanjutnya, kita akan mengatakan dengan tepat) memiliki sesuatu yang “lebih merusak” dan lebih permanen daripada yang lainnya. Kapan Anda menggunakan salah satu dari keduanya? Ini juga sesuatu yang perlu dibedakan karena ada sejumlah situasi yang berbeda yang kadang-kadang mengharuskan pengguna untuk “reboot” atau “reset”.
Meskipun ini sekarang mungkin tampak cukup membingungkan (terutama jika kita masih memasukkan ekspresi seperti “soft” atau “hard” reset), sebenarnya tidak. Ketika Anda mempertimbangkan sedikit apa yang digunakan untuk membuatnya jelas, perbedaannya jelas. Pada bagian berikut kita akan berbicara tentang apa yang sebenarnya “reset” dan apa “reboot”, yang berfungsi dua fungsi ini dan kapan menerapkannya.
9 reset

Memulai kembali sesuatu berarti “sesuatu” ini harus dimatikan

Satu hal yang identik dan me-reboot dan memulai kembali (apakah itu “soft” atau “hard” reset) adalah bahwa kedua kata ini berarti mematikan beberapa perangkat yang perlu kita reboot atau restart. Setiap kali kita membaca perangkat di suatu tempat untuk reboot atau reboot, itu sebenarnya berarti bahwa kita perlu mematikan perangkat agar tidak mendapatkan daya untuk sementara waktu dan kita perlu me-restart setelah itu.
Mem-boot ulang perangkat diterapkan dalam situasi di mana perangkat tidak “berperilaku” seperti seharusnya. Katakanlah jika laptop gagal, kita harus reboot agar kita tidak mencoba mengembalikannya ke fungsi. Kita dapat me-reboot router, modem, smartphone, tablet, desktop, dan perangkat sejenis.
Secara teknis, reboot atau restart sesuatu berarti menghentikan dan memulai kembali aliran listrik di beberapa perangkat. Setelah perangkat dimatikan, ia tidak akan menerima listrik. Ketika kita menyalakannya lagi, itu akan menyala dan itu akan bekerja. Restart dan reboot adalah langkah yang menggabungkan power off dan kemudian reboot perangkat.

Mematikan perangkat semua program atau aplikasi yang sebelumnya dijalankan dimatikan, tetapi mereka masih di komputer Anda.

Di perangkat apa pun yang dimatikan (komputer, smartphone, tablet), program yang diinstal pada perangkat itu tidak lagi berfungsi. Apa pun yang diprakarsai atau dimuat dalam memori (memori kerja), seperti video, permainan yang mungkin baru saja Anda mainkan, halaman web yang Anda buka, atau teks di MS Word yang telah Anda alihkan – semua akan dimatikan. Setelah pengguna memulai ulang perangkat, aplikasi dan file tersebut akan dikunci dan dinonaktifkan, artinya pengguna harus memulai ulang atau membukanya lagi jika ia ingin menggunakannya.
hibernasi atau komputer tidur
Namun, terlepas dari kenyataan bahwa, ketika perangkat dimatikan, semua program atau file yang telah dijalankan sekarang dimatikan, ini tidak berarti bahwa mereka bahkan tidak ada di komputer. Ini berarti bahwa aplikasi dan program tidak termasuk. Setelah memulai ulang sistem dan menyalakan perangkat, pengguna (kecuali ada masalah) dapat dengan bebas menjalankan aplikasi, program, dan membuka file yang sebelumnya ditutup.
Hal lain yang berguna untuk disebutkan di sini adalah menempatkan komputer dalam mode hibernasi . Jika Anda mematikan komputer dan mematikannya sepenuhnya maka proses ini tidak berfungsi seperti biasa. Alasannya adalah bahwa semua yang disimpan dalam memori tidak akan “dihapus” tetapi sebaliknya akan ditulis ke drive dan dikembalikan pada saat Anda memulai komputer berikutnya.

Apa cara terbaik untuk me-restart perangkat Anda?

Beberapa cara Anda dapat me-reboot perangkat Anda termasuk memulai kembali “dengan kekerasan” (misalnya, melepaskan kabel daya dari soket, mengeluarkan baterai). Selain itu, ada mode restart tanpa kekerasan (yang dicapai dengan menggunakan tombol restart). Tentu saja, disarankan untuk menggunakan mode restart tanpa kekerasan untuk menghindari kerusakan tambahan pada perangkat.
reset rutera

“Reset” berarti “menghapus dan mengatur ulang”

Memahami apa artinya “reset” bisa membingungkan. Masalahnya semakin rumit dengan ekspresi seperti “reboot”, “restart” dan “soft reset”. Masing-masing kata ini dalam beberapa hal terkait, tidak peduli apa yang masing-masing memiliki arti yang sama sekali berbeda.
Cara paling sederhana untuk menjelaskan ini adalah: reset sama dengan penghapusan. Mengatur ulang perangkat berarti mengatur ulang kembali ke kondisi yang sama di mana perangkat itu ketika pengguna membelinya di toko. Untuk alasan ini, mengatur ulang sering disebut dengan reset pabrik atau reset ke pengaturan pabrik (sesuatu yang sering disebutkan dalam smartphone).
Menyetel ulang pada dasarnya berarti menghapus dan menginstal ulang sistem (karena satu-satunya cara nyata untuk mengatur ulang adalah jika program dan semua yang ada di perangkat terhapus sepenuhnya). Jadi katakanlah ketika ada kesalahan besar atau masalah yang tidak dapat kita pecahkan pada ponsel cerdas mereka, dengan mengatur ulang ke pengaturan pabrik. Dalam semua situasi lain (misalkan perangkat membeku), kami hanya akan memulai ulang atau menyalakannya kembali.
reset pc ini

Mengapa bermanfaat untuk mengetahui perbedaan antara kedua istilah ini?

Ada dua alasan: keduanya tampak pada pandangan pertama (dan beberapa pengguna, terutama pemula, mungkin berpikir bahwa mereka pada dasarnya adalah sinonim) dan karena mereka melayani tujuan yang berbeda. Reset adalah “lebih sulit” dari pada restart atau reboot. Restart digunakan untuk pemecahan masalah dan pemecahan masalah perangkat yang mudah.
Sebaiknya hidupkan ulang atau boot ulang komputer Anda secara berkala, terutama jika Anda sering melakukan hibernasi alih-alih mematikannya. Reset digunakan ketika kita tidak punya pilihan selain mengembalikan keadaan seperti ketika kita membeli perangkat. Saat diatur ulang, semua yang ada di perangkat dihapus dan hilang. Untuk alasan ini, buat cadangan sebelum mengembalikan atau mencadangkan semua file penting.

Tinggalkan komentar