Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula Yang Wajib Kamu Tahu

Assalamu’alaikum Wr. Wb.Apa kabar sobat ? Semoga Anda selalu sehat, bahagia, dan makin sukses. Syukur Alhamdulillah,Tutorial Facebook Ads ini telah
berhasil saya selesaikan. Ini saya dedikasikan untuk para pemula yang ingin
belajar tentang bagaimana cara beriklan di facebook ads menggunakan kupon fb ads
dan VCC dalam system pembayarannya. Mungkin diantara Kalian ada yang bertanya-tanya?, “Mengapa harus memakai kupon dan VCC?” Okey akan saya jawab,
alasannya karena metode ini relatif lebih murah dan mudah. Murah, karena Anda
bisa membeli kupon fb ads indonesia senilai $50 dengan budget kurang dari IDR 150K.
Sedangkan Mudah, karena Anda tidak perlu repot-repot membuat CC (Credit Card). Tutorial Facebook Ads ini tentulah masih jauh dari kata
sempurna. Hal ini tidak lain karena keterbatasan yang saya miliki, baik itu
pengetahuan maupun waktu luang. Sebab, saya menulisnya pun di sela-sela waktu
luang di saat saya sedang menikmati liburan yang cuma 3 hari saja lamanya. Saya
berfikir, dari pada waktu luang terbuang sia-sia, alangkah lebih baiknya jika saya
membuat sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi banyak orang. So, lahirlah ebook
Tutorial Facebook Ads Untuk Newbie.

Untuk mencapai 1000 langkah tentu harus dimulai dengan 1 langkah, begitu pula untuk menjadi seorang expert pun tentu diawali dengan menjadi newbie dulu. Oleh
karena itu Belajar Facebook Ads , tidak ada salahnya jika Anda memulai dari hal yang dasar, seperti materi  yang ada pada cara membuat fb ads gratis ini. Silakan Anda
sebarluaskan contoh facebook ads ini, namun mohon untuk tidak merubah isinya. Saya berharap
artikel ini bisa membantu Anda dan teman-teman lainnya. Akhir kata saya ucapkan,
“Selamat membaca dan semoga bermanfaat.”

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula Yang Wajib Kamu Tahu

Tutorial Facebook Ads Bahasa Indonesia

I. CARA PASANG KUPON FACEBOOK ADS

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa salah satu tehnik pemasaran online
yang lagi hangatnya saat ini adalah Facebook Ads (FB Ads). Mengapa demikian?
Karena Facebook Ads kita lebih mudah menargetkan calon buyer yang ingin kita
incar, sehingga nilai konversinya pun cenderung lebih tinggi. Disamping keunggulan
tersebut, ternyata ada sedikit kendala terutama bagi IMers Indonesia yang belum
memiliki kartu kredit. Ya, fb ads memang butuh kartu kredit untuk bisa
menjalankannya. Namun Anda nggak usah khawatir! Sebab, ada metode lain yang
bisa Anda pilih untuk metode pembayarannya, yaitu menggunakan paypal ataupun
kupon fb ads.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang CC ataupun Paypal,
melainkan hanya berkutat pada seputaran kupon (voucher) fb ads saja. Keuntungan
menggunakan kupon fb ads adalah kita tetap bisa beriklan dengan biaya yang lebih
murah. Bayangkan saja kupon senilai $50 bisa Anda beli dengan harga kurang dari
IDR 150K saja, murah banget kan? Untuk mendapatkan kupon fb ads ini, Anda bisa
membelinya dimana saja yang ada mau. Sekarang ini sudah banyak para mastah VCC yang
juga menjual kupon fb ads dengan harga terjangkau. Namun, jika Anda masih
bingung dimana tempat jual kupon fb ads terpercaya, Anda bisa menghubungi saya.
Oya! Sorry ada yang sedikit kurang  Kupon fb ads tidak akan bisa digunakan tanpa
Anda memasukkan data kartu kredit. Jadi, dalam hal ini Anda perlu juga membeli
VCC (Virtual Credit Card) FB Ads. Jika semuanya sudah lengkap (Kupon + VCC fb
ads), selanjutnya silakan Anda ikuti step-step berikut ini.

A. Cara Setting Mata Uang dan Zona Waktu

1. Silakan login dulu ke akun facebook Anda di https://www.facebook.com/
Setelah berhasil login kemudian pada halaman profil Anda, silakan klik Tentang.

Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula Yang Wajib Kamu Tahu
Jika Anda belum mengisi kolom Pernah Tinggal di, sebaiknya Anda isi dulu data mengenai kota sekarang dan kota asal Anda. Lalu pada isian Tambahkan Kota Sekarang Anda, silakan Anda isi dengan nama kota tempat tinggal Anda atau nama ibu kota propinsi dimana saat ini Anda sering online. Kemudian siapkan juga  sebuah  kode  pos  yang  sesuai  dengan  alamat  kota  yang  Anda  isikan tersebut. Kode pos di sini nantinya akan Anda gunakan ketika mengisi data akun Credit Card menggunakan VCC.
Jika muncul pop-up, silakan Anda klik tanda silang untuk menutupnya
3.   Klik menu Pengaturan
Kalau Anda diminta memasukkan password, silakan masukkan password sesuai akun facebook Anda. Kemudian Anda klik tombol Lanjutkan.
4. Pada halaman Pengaturan Akun Iklan Facebook Ads, secara default Mata Uang dan Zona Waktu tersetting dengan Dolar AS (USD) dan (GMT-08:00) Waktu Pasifik. Jika Anda ingin beriklan di Amerika, settingan ini tidak perlu dirubah. Tapi, jika Anda berniat untuk beriklan di Indonesia, silakan klik tulisan Ubah Mata Uang untuk menyesuaikannya dengan kondisi mata uang dan zona waktu Indonesia.
5. Setelah tulisan Ubah Mata Uang Anda klik, maka akan muncul pop-up yang biasanya langsung tersetting secara default mengikuti Mata Uang dan Zona Waktu Indonesia.  Namun  Anda  tetap  bisa  mengubahnya  sesuai  kebutuhan Anda. Jika Anda sudah yakin dengan settingan tersebut, langkah selanjutnya tinggal Anda klik saja tombol Buat Akun Baru. 
Sampai di sini Anda telah menyelesaikan step yang pertama, yaitu cara setting Mata Uang dan Zona Waktu pada akun fb ads. Selanjutnya silakan Anda ikuti langkah ke- 2 berikut ini!

B. Cara Memasang Kupon FB Ads 
Pada bagian ini saya menganggap Anda sudah mempunyai kode kupon fb ads, entah itu yang $50 atau $100. Jika Anda belum memilikinya, silakan beli dulu ya Masbro wkwkwkwk… Tapi kalau Anda memang tidak tahu dimana tempat jualan kupon  fb  ads  yang  murah  meriah,  silakan  PM  saya  saja  hehehe… ngiklanbangetdotcom 
1.   Setelah kode kupon fb ads sudah ada di tangan Anda, silakan buka URL berikut https://secure.facebook.com/ads/manage/funding.php 
Kemudian klik tombol Tambahkan Metode Pembayaran.
2. Ketika  muncul  pop-up  Tambahkan  Metode  Pembayaran  Baru,  selanjutnya pada option button, silakan Anda klik Kupon Iklan Facebook dan setelah itu jangan lupa untuk meng-klik  tombol Lanjutkan.
3. Masukkan Kode Kupon Anda pada kotak isian yang telah disediakan, kemudian klik tombol Terapkan. Jika tidak ada peringatan yang bertuliskan The coupon code you have entered is invalid dan tombol Selesai berubah warna menjadi lebih terang, maka hal itu menandakan bahwa kode kupon fb ads yang Anda inputkan tersebut va.
Setelah Anda berhasil menyelesaikan step by step di atas, Anda masih belum bisa beriklan lho. Hal ini karena masih ada satu step lagi yang perlu Anda lakukan, yaitu menambahkan metode pembayaran menggunakan kartu kredit yang bisa Anda atasi dengan membeli VCC (Virtual Credit Card) fb ads. 
C. Cara Menambahkan Metode Pembayaran Menggunakan VCC 
Ketika Anda sudah mengantongi data berupa Card Number, Expiration Date, dan Security Code dari penjual VCC, kini saatnya Anda memasukkan data-data tersebut ke metode pembayaran fb ads. Caranya cukup mudah, silakan ikuti langkah demi langkah berikut ini!
Jika Anda diminta memasukkan password, silakan masukkan saja passwordnya sesuai  dengan  data  login  Anda  di  akun  facebook.  Kemudian  klik  tombol Tambahkan Metode Pembayaran.
2.   Pastikan pada option button Anda sudah memilih Kartu Kredit/Debit, barulah kemudian Anda klik tombol Lanjutkan untuk berpindah ke step berikutnya.
3.   Pada halaman ini Anda diminta untuk mengisi data-data seputar kartu kredit
Silakan Anda isi data-datanya sesuai dengan info yang diberikan oleh si penjual VCC  fb  ads,  yaitu  Card  Number (Nomor  Kartu),  Expiration  Date (Tanggal Kadaluarsa), dan Security Code (Kode Keamanan (CVV)). 
Sebelumnya saya juga sudah meminta Anda untuk menyiapkan sebuah kode pos,  nah…  sekaranglah saatnya  Anda  menggunkannya untuk mengisi  kotak isian Kode Pos pada tempat yang telah disediakan. Setelah semua data terisi dengan benar, silakan Anda klik tombol Kirim. Jika berhasil, maka pada halaman Metode Pembayaran akan muncul data baru (Credit Card).
Ketika Anda berhasil menyelesaikan step ketiga ini, maka akun Anda sudah bisa digunakan untuk beriklan di facebook. Tapi sebaiknya Anda diamkan dulu selama 3 sampai 4 hari, barulah kemudian Anda boleh menggunakannya untuk beriklan. Hal ini perlu Anda lakukan demi menghindari belaian si tante AME (Ad Manager Error).

II.     CARA MEMBUAT IKLAN FACEBOOK


Setelah mendiamkan akun fb ads Anda selama 3 – 4 hari, sekaranglah saatnya membuat iklan pertama Anda. Ya, Anda bisa mengiklankan berbagai halaman situs termasuk  yang  di  luar  facebook  sekalipun  menggunakan  fb  ads  ini.  Lantas bagaimana caranya? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini! 
1.   Silakan Anda buka URL berikut https://www.facebook.com/advertising 
2.   Klik tombol Buat Iklan
3. Pada halaman ini ada banyak pilihan model iklan yang bisa Anda gunakan. Tapi sebaiknya sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh saya akan mencoba mengiklankan sebuah fanpage dengan tujuan untuk mendapatkan like tertarget, maka saya akan meng-klik jenis iklan Suka Halaman.
4. Pada kotak isian Pilih Halaman atau masukkan URLnya, silakan pilih salah satu fanspage milik Anda yang ingin diiklankan. Sebagai contoh, saya memilih fanspage IMERS Indonesia untuk saya iklankan.
5. Setelah  Anda  meng-klik  fanspage  yang  ingin  Anda  iklankan,  maka  secara otomatis Anda akan langsung dibawa ke halaman Beriklan di Facebook. Pada halaman  ini  Anda  dapat  mengatur  iklan  sesuai  keinginan. Namun  sebagai contoh, saya akan coba memandu Anda, jadi silakan disimak ya.
Pada  kolom  GAMBAR,  Jika  Anda  ingin  merubah  gambar  iklan,  sebaiknya siapkan dulu gambar baru dengan ukuran 600 piksel x 225 piksel, kemudian Anda klik tanda silang  seperti gambar di bawah ini,  maka gambarpun akan hilang. Selanjutnya Anda tinggal mengunggah gambar baru tersebut pada kotak yang sama.
Pada kolom TEKS DAN TAUTAN, Anda boleh mengganti Judul iklan dengan jumlah ketikan 10 karakter, tapi kalaupun tidak diganti juga  nggak masalah. Nah… yang perlu Anda perhatikan adalah pada kotak isian Teks. Sebaiknya Anda isi dengan deskripsi yang menarik perhatian dengan jumlah 40 karakter saja.
Ada beberapa settingan yang wajib Anda isi pada kolom PEMIRSA, karena hal ini erat kaitannya dengan orang-orang yang  akan menjadi target iklan Anda nantinya. Oleh karena itu, yuk kita simak keterangan berikut ini! 
a.  Lokasi 
Silakan Anda isi dengan target Negara yang menjadi tujuan iklan Anda. Di menu lokasi ini Anda juga bisa menargetkan orang-orang yang tinggal di kota-kota tertentu. Jadi, andai kata Anda menargetkan like atau sales dari orang-orang yang tinggal di Jakarta saja, maka pada kotak isian silakan Anda isi dengan Jakarta. 
b.  Umur 
Pada  isian  ini  Anda  dapat  menentukan  berapa  usia  minimal  dan  usia maksimal dari target yang akan Anda bidik. 
c.  Jenis Kelamin 
Ada 3 pilihan tombol di sini, yaitu Semua (Pria & Wanita), Laki-laki, dan Perempuan. Silakan Anda klik salah satunya.
d.  Menu Demografi Lain 
Di sini Anda bisa menargetkan calon buyer berdasarkan status mereka saat ini, seperti hubungan, pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain. 
e.  Minat 
Menurut saya pribadi, Minat ini adalah hal terpenting dalam menargetkan audiens. Jika nanti Anda sudah menjalankan iklan fb tapi kok konversinya masih buruk, bisa jadi Anda kurang tepat dalam mengisi kolom Minat ini. Oleh  karena  itu,  cobalah untuk  selalu melakukan  riset hingga  Anda  bisa menemukan formula jitu dalam hal pengisian Minat ini. 
f.   Perilaku 
Isian ini juga tidak kalah pentingnya dalam hal menentukan target konsumen, jadi silakan Anda isi sesuai dengan target market Anda. Namun, pada kondisi tertentu, ada kalanya Anda memang tidak perlu mengisinya.  Sebagai salah satu  contohnya,  misalkan  Jangkauan  Potensial iklan  Anda hanya  bisa menjangkau sedikit orang, jadi akan semakin berkurang jika isian Prilaku ini Anda isi. Untuk melihat Jangkauan Potensial, silakan Anda perhatikan kolom Definisi Pemirsa yang letaknya berada di sidebar kanan.
g.  Koneksi 
Silakan Anda pilih option button Semua
Sekarang kita beralih ke kolom KAMPANYE DAN SET IKLAN. Yang perlu Anda rubah pada kolom ini hanyalah pada kotak isian Anggaran yang secara otomatis telah terisi Rp 45000. Namun Anda masih bisa merubahnya, silakan isi berapa rupiah  budget  yang  ingin  Anda alokasikan  untuk  iklan  tersebut  per  harinya, misalkan saja Rp 30000.
Jika Anda sudah mengisi kotak isian Anggaran, tindakan selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah tinggal meng-klik tombol Lakukan Pemesanan.
Kemudian akan  muncul  pop-up  Pesanan  Anda  Telah  Dimasukkan,  di  sini langkah terakhir yang perlu Anda ambil hanyalah meng-klik tombol Lanjutkan dan iklan Anda pun selesai dibuat.
Setelah semua langkah-langkah di atas selesai Anda praktikkan, maka Anda tinggal menunggu notifikasi dari pihak facebook yang berisi penerimaan atau penolakan terhadap iklan Anda. Jika ditolak, silakan Anda buat lagi iklan yang baru. Tapi jika iklan Anda diterima, saya ucapkan “Selamat” kepada Anda.

III.    TIPS ANTI AME (AD MANAGER ERROR)

Rasanya kena AME tuh gimana ya? Ya jelas kesel bangetlah. Soalnya kita sudah keluar modal, capek mikir, rugi waktu, dan segalanya hilang begitu saja. Hampir semua pemain fb ads pernah mengalami hal semacam ini, tidak terkecuali saya yang menulis ebook Tutorial Facebook Ads Untuk Newbie ini. Tapi bukan orang Indonesia namanya kalau tidak bisa survive. Ya, dunia sudah mengakui bahwa orang-orang Indonesia itu panjang akalnya dan memiliki daya kreativitas yang luar biasa. Berbekal pengalaman pribadi selama menjalankan fb ads, akhirnya saya coba menggali dan mencari tahu tentang bagaimana caranya supaya bisa meminimalisir jeratan si Tante AME. Alhamdulillah, sayapun berhasil menemukan formula anti AME yang sudah beberapa lama saya jalankan dan ternyata hasilnya cukup memuaskan. 
Oya! Untuk tips anti AME yang akan saya sampaikan nanti, saya pribadi tidak pernah mengklaim bahwa cara ini akan terus berhasil. Sebab, bisa jadi cara saya tersebut akan saturated di kemudian hari. Toh ada istilah yang menyebutkan, “Beda tangan beda rezeki” jadi tergantung bagaimana Anda menyikapinya dan segala sesuatunya adalah tanggung jawab Anda pribadi. Kalau boleh jujur, saya memang tidak tahu maunya facebook itu seperti apa, tapi mudah-mudahan cara saya ini bisa membantu Anda dalam menghindari amukan si tante AME. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak sama-sama Tips Anti AME berikut ini.
1. Pakailah browser yang berbeda untuk akun facebook yang akan Anda gunakan khusus buat ngiklan. Jadi, kalau Anda biasanya memakai Mozilla Firefox untuk browsing,  sebaiknya  gunakan  browser  lain  seperti  Google  Crome  ataupun Internet Explorer. Jangan lupa sebelumnya Anda clear cookies dan history-nya dulu. 
2.   Usahakan akun facebook yang akan Anda  pakai buat pasang iklan tersebut sudah memiliki minimal 10 pertemanan (Klonengan juga nggak masalah). 
3. 1 atau 2 hari sebelum  menambahkan metode pembayaran iklan fb ads, 
usahakan akun facebook Anda terlihat aktif. Untuk terlihat aktif ini Anda bisa melakukan beberapa hal seperti update status, like status teman, memberikan komentar, share halaman web lain, dan juga main game di facebook.
4. Sebelum dan ketika Anda menjalankan kampanye iklan, ada baiknya  jangan pernah Anda logout apalagi sampai membuka akun facebook lain di browser yang sama. Jadi, biarkan dalam 1 browser tersebut hanya diisi oleh 1 akun fb yang Anda pakai untuk pasang iklan. 
5. Setelah berhasil menginputkan metode pembayaran dengan kupon dan VCC fb  ads,  sebaiknya  jangan  langsung  Anda  gunakan  untuk  beriklan, tapi tunggu dulu antara 3 – 4 hari barulah Anda membuat iklan. 
6. Jangan pernah melakukan editing ketika iklan sedang berjalan. Kalaupun terpaksanya Anda harus mengedit iklan, sebaiknya Anda matikan dulu iklannya kemudian barulah Anda edit. 
7. Jangan terlalu sering gonta-ganti iklan, pokoknya slow saja. Sedikit tips dari saya, seyogyanya dalam beriklan itu Anda fokus pada 1 atau 2 bisnis dulu, sehingga Anda tidak terlalu sering mengganti iklan. 
8. Hentikan semua iklan ketika budget iklan Anda sudah menipis, misalkan pada saat saldo Anda tinggal tersisa +/- Rp. 5.000,-. Cara ini biasa saya lakukan dengan harapan ketika saya menggunakan akun facebook berikutnya dan masih di browser yang sama, saya tidak kena amukan AME. Oya! Setelah iklan selesai dan Anda ingin beriklan menggunakan akun fb lainnya, jangan lupa untuk clear cookies dan history-nya dulu ya. 

Akhir Kata

Demikianlah beberapa informasi yang dapat saya sampaikan. Apa-apa yang saya kemukakan  di  atas  adalah  berdasarkan  pengalaman  dan  analisa  saya  pribadi. Selaku penulis, saya juga mohon maaf jika ada kekeliruan ataupun sesuatu yang kurang berkenan di hati Anda terkait dengan ebook Tutorial Facebook Ads Untuk Newbie ini. Kurang  dan  lebihnya  saya  ucapkan,  “Selamat  praktik &  semoga bermanfaat.” Terima kasih…

Tinggalkan komentar